Himbauan per tanggal 23 Agustus 2018 oleh Japan Meteorological Agency, Forecasting Department tentang Angin Topan No. 20

9

Angin topan No. 20 “Cimaron” yang berkekuatan sangat besar diperkirakan bergerak menuju daratan di area Kinki dari arah Shikoku pada tanggal 23 malam hingga 24 pagi hari dan selanjutnya bergerak menujun Laut Jepang.

Angin topan No. 20 yang berkekuatan sangat besar tampak berada di Jepang bagian selatan pada hari ini tanggal 23 pukul 04:00 dini hari dengan kecepatan 35km/jam dan bergerak ke arah barat laut. Tekanan pusatnya adalah 950hPa, kecepatan angin maksimum di dekat pusat adalah 45m/detik, kecepatan angin sesaat maksimum adalah 60m/detik, serta kecepatan di 170km sebelah timur dan 110km sebelah barat dari pusat adalah 25m/detik.

Angin topan ini bergerak ke utara dari arah Shikoku bagian selatan pada tanggal 23, hingga kemudian pada tanggal 23 malam bergerak dengan kekuatan besar menuju ke area Kinki. Angin topan diperkirakan menuju ke arah Laut Jepang pada tanggal 24 pagi hari.

Forecasting Department tentang Angin Topan No. 20 (3)-2

[Hal-hal yang berkenaan dengan mitigasi bencana]

Badai disertai undulasi tengah terjadi di beberapa titik di area Jepang Barat sisi Samudra Pasifik dan laut di Kepulauan Izu. Di Jepang Barat, dimana angin topan akan bergerak mendekat, angin kencang akan bertiup mulai dari tanggal 23 sore hari. Pada tanggal 23 siang hari diperkirakan cuaca di laut akan menjadi ganas. Sementara itu di wilayah Tokai, angin kencang diperkirakan akan bertiup pada tanggal 23 di siang hari, serta pada sore hari cuaca di laut akan menjadi ganas.

  Selain itu, cuaca ganas di laut akibat angin topan No. 19 juga melanda wilayah Kyushu bagian utara hingga tanggal 23 siang hari.

•  Perkiraan kecepatan angin maksimum hingga tanggal 24 (Kecepatan angin sesaat maksimum)

Wilayah Shikoku 40m/detik (50m/detik)
Wilayah Kinki dan Chugoku 35m/detik (50m/detik)
Wilayah Tokai dan Hokuriku 25m/detik (35m/detik)
Wilayah Kyushu bagian utara 20m/detik (30m/detik)

• Perkiraan ketinggian gelombang hingga tanggal 24

Wilayah Kinki dan Shikoku 11m
Wilayah Tokai 9m
Wilayah Kyushu bagian utara dan selatan, serta Kepulauan Izu 6m

Harap berhati-hati terutama apabila Anda berada di wilayah Jepang bagian barat dimana angin topan sedang bergerak mendekat.

Akibat pengaruh angin topan No. 19, total curah hujan di wilayah Jepang Barat hingga lereng yang menghadap ke tenggara di wilayah Tokai mencapai 400mm dan menjadikan hujan lebat di beberapa area. Hinggal tanggal 24 mendatang, seiring dengan gerakan angin topan No. 20 , diperkirakan akan terjadi hujan lebat dengan curah hujan yang tinggi.

• Perkiraan curah hujan selama 24 jam hingga tanggal 24 pukul 06:00
  
Wilayah Shikoku 800mm
Wilayah Tokai dan Kinki 600mm
Wilayah Kanto/Koshin dan Chugoku 200mm
Wilayah Hokuriku 150mm
Wilayah Kyushu bagian utara 120mm
Wilayah Kyushu bagian selatan 100mm

•   Perkiraan curah hujan selama 24 jam hingga tanggal 25 pukul 06:00

Wilayah Shikoku dan Tokai 100 – 200mm
Wilayah Kanto/Koshin 100 – 150mm
Wilayah Kinki 50 – 100mm

Di wilayah Shikoku dan wilayah Tokai, jika curah hujan dari topan No. 19 digabungkan, total curah hujan lokal dapat mencapai 1000 mm.

Harap berhati-hati terhadap bencana tanah longsor yang disebabkan oleh hujan lebat, banjir di dataran rendah, peningkatan volume air sungai serta luapan air sungai.


  Dikarenakan pergerakan angin topan di wilayah Jepang Barat dari tanggal 23 sore hari hingga tanggal 24, diperkirakan akan terjadi gelombang badai terutama di area Laut Pedalaman Seto. Harap sepenuhnya berhati-hati.

Pada tanggal 23 sore hingga malam hari, terdapat kemungkinan operasional pada jalur konvensional Sanyo Shinkansen dan Tokai – Shikoku diberhentikan sementara. Keterlambatan juga mungkin terjadi di jalur Tokaido Shinkansen dan Hokuriku Shinkansen akibat pengaturan kecepatan.

Potensi keterlambatan dan penerbangan penerbangan dapat terjadi di Bandara Internasional Chubu, Bandara Itami, Bandara Internasional Kansai, juga Bandara di Tokai, Kinki dan Shikoku.

sumber:
Prof. Stefano Tsukamoto
Osaka University

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.