“Hati-hati. Topan No. 18 dengan kekuatan kuat akan menyerang Jepang pada tanggal 4-6 Oktober.”

Pada tanggal 30 (saat disiarkan), Topan nomor 18 yang bergerak dari timur Laut Filipina ke arah barat, untuk selanjutnya arah angin akan berubah ke utara mendekati Okinawa selama akhir pekan.

Diprediksi ada kemungkinan seiring mendekatnya topan, akan disertai hujan lebat dan badai ke wilayah Amami dan Okinawa pada tanggal 2, dan Jepang barat setelah tanggal 3. Badan Meteorologi Jepang telah menyerukan peringatan dini mengenai hal ini.

Menurut Badan Meteorologi Jepang pada tanggal 30, topan No 18 dengan kecepatan 20 km per jam, datang dari arah timur Laut Filipina menuju ke barat.

Tekanan panas pusat saat ini adalah 985 hectopascals, dengan kecepatan maksimum 30 meter, kecepatan angin maksimum mencapai 40 meter dengan radius 60 km dari pusat, disertai badai kencang yang berhembus ke area lebih dari 25 meter.

Seiring meningkatnya kekuatan hembusan tersebut, angin akan beralih ke barat laut mencapai perairan Okinotorishima lusa tanggal 2, sedangkan pada tanggal 3 awal minggu, diduga topan yang sangat kuat akan berhembus mendekati selatan Lautan Okinawa.

Menurut Badan Meteorologi Jepang berdasarkan prediksi selama lima hari ke depan, topan akan mendarat di bagian selatan Kyushu pada tanggal 4 dan dikhawatirkan akan meluas ke arah Honshu pada tanggal 5.

Meteorologi Jepang telah menyerukan peringatan dini berkenaan dengan datangnya topan yang akan mendekati wilayah Okinawa dan Amami selama tanggal 2 sampai tanggal 4 dan Jepang barat setelah tanggal 3, karena dikhawatirkan cuaca sangat buruk.

Info dari:
Prof. Tsukamoto, Osaka University
(Translated by Puspitosari Dwi, Osaka University)

Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.