Wartawan dan Pebisnis Jepang Terpukau akan Keindahan Raja Ampat

2
Kementerian Luar Negeri RI bekerjasama dengan KBRI Tokyo dan KJRI Osaka telah melaksanakan Famtrip 2014 di Raja Ampat, Papua Barat pada tanggal 10-14 Juli 2014. Program tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan Raja Ampat sebagai tempat tujuan wisata baru bagi masyarakat Jepang sekaligus memperlihatkan potensi-potensi ekonomi yang dimiliki Raja Ampat. Famtrip diikuti oleh 4 orang jurnalis Jepang baik dari media cetak maupun tulisan, serta 22 pebisnis asal Jepang dan Indonesia
Selama mengikuti program Famtrip, para jurnalis melakukan liputan obyek-obyek wisata yang ada di Raja Ampat antara lain mengunjungi Pulau Waigeo, Pulau Wayag, dan Pulau Misool termasuk melakukan kegiatan snoorkling, berlayar dan kayak. Selain itu, bagi para pebisnis juga melakukan pertemuan dengan jajaran Pemkab Raja Ampat, ASITA dan Asosiasi Hotel Indonesia, serta melakukan bisnis matching dengan pelaku bisnis setempat. Beberapa hal yang menjadi pokok pembahasan dalam pertemuan tersebut antara lain terkait belum adanya ketersediaan akses internet yang memadai, cara penanggulangan sampah yang belum maksimal beserta kendala-kendalanya, serta pengadaan sarana transportasi yang masih perlu banyak perbaikan. Dalam pertemuan tersebut, juga diungkapkan keinginan dari Pemkab Raja Ampat untuk menjalin sister city dengan salah satu wilayah di Jepang.
Pada hari terakhir kunjungan, peserta Famtrip berkesempatan untuk melihat demo sekaligus meliput cara membuat makanan khas Papua yaitu pepeda dengan kuah sayur dan ikan lengkap dengan sagunya. Peserta Famtrip kerap menyampaikan kekaguman mereka akan keindahan pemandangan alam Raja Ampat sekaligus potensi wisata dan ekonominya, serta berharap program-program serupa juga bisa diadakan di wilayah-wilayah Indonesia lainnya.
smal (1)

smal (2)

smal (3)

smal (5)

smal (7)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita, Uncategorized. Tandai permalink.