Diaspora 2013

Kepada Yth. Bapak/Ibu

di

Tempat

Pertama-tama, ijinkan saya untuk mengucapkan salam hangat saya dan seluruh jajaran staf di KJRI Osaka kepada bapak Ibu sekalian. Saya berharap surat ini menemui bapak ibu dalam keadaan baik.

Saya menulis surat ini untuk mengundang bapak/ibu untuk menghadiri Kongres Diaspora Indonesia ke-2 di Jakarta pada tanggal 18-20 Agustus 2013.

Berdasarkan data dari Kementerian Luar Negeri RI, diperkirakan jumlah masyarakat Indonesia di luar tanah air adalah sekitar 6 juta orang. Walaupun jumlahnya hanya 1-2 persen dari jumlah penduduk Indonesia, namun memiliki peran yang cukup besar dalam pembangunan Indonesia terutama dalam meningkatkan kesejahteraan bangsa. Masyarakat inilah yang sekarang mulai dikenal dengan nama“Diaspora Indonesia”

Sebagai informasi, beberapa diaspora Indonesia yang berada di berbagai negara seperti Amerika Serikat, New Zealand, Jerman, Qatar, Belanda, Swedia, Yunani, Australia, dan Brunei Darusalam telah membentuk forum/organisasi Indonesia Diaspora Network (IDN) yang mempersatukan berbagai komunitas diaspora yang berada di negaranya

Sebagaimana diketahui, tahun lalu, diaspora Indonesia melakukan gebrakan historis dengan menyelenggarakan Kongres Diaspora Indonesia pertama di Los Angeles, Amerika Serikat yang dihadiri oleh lebih dari 2000 diaspora Indonesia yang tinggal di luar negeri. Sayangnya pada diaspora pertama ini belum terdapat wakil diaspora Indonesia yang tinggal di Jepang. Para diaspora tersebut dengan semangat yang menggebu, menghasilkan Deklarasi Diaspora Indonesia yang inspiratif dan dibacakan dalam berbagai bahasa dalam suasana yang khidmat.

Kongres Diaspora Indonesia tersebut memiliki makna historis. Pertama, Kongres merupakan awal timbulnya kesadaran identitas sebagai diaspora Indonesia dan awal timbulnya suatu komunitas global diaspora Indonesia. Kedua, Kongres mendapat pengakuan resmi dari Pemerintah Indonesia, yang telah memberikan komitmen untuk merangkul diaspora Indonesia baik WNI maupun yang sudah menjadi warga negara lain. Ketiga, gerakan diaspora ini mendapat perhatian yang cukun besar dari masyarakat Indonesia yang berada di tanah air yang mengagumi keragaman dan prestasi diaspora Indonesia yang walopun jauh namun tetap berjiwa Indonesia.

Kongres Diaspora yang kedua ini mengambil tema“Diaspora Pulang Kampung”. Tema ini dirasa cukup tepat karena bukan saja kongres akan dilaksanakan di Indonesia, namun bertepatan dengan perayaan 68 tahun Kemerdekaan RI. Sesuai tentative program yang disampaikan panitia, beberapa wakil diaspora peserta kongres akan hadir dalam upacara peringatan kemerdekaan di Istana Negara. Selain itu, pada kongres tersebut akan dilaksanakan pertemuan Task Force di bidang-bidang yang menjadi keunggulan masing-masing diaspora antara lain; Pendidikan, liveable Cities, Public Healthcare, Green Economy, Culinary, Migrant Worker, Microfinance, Kepemudaan, Aerospace, Immigration and Citizenship dan Business and Investment. Hasil pertemuan tersebut diharapakan dapat memberikan sumbangan bagi kemajuan bangsa. (tentative program terlampir).

Sebagai inisiatif yang baru dan dengan keterbatasan anggaran yang tersedia, diharapkan bapak dan ibu yang berminat untuk berpartisipasi dalam Kongres Diaspora ke-2 ini dapat menggunakan biaya sendiri baik untuk tiket dan akomodasi. Saya harap keterbatasan ini tidak menyurutkan semangat ibu/bapak untuk dapat berpartisipasi dalam kongres tersebut dan memberikan sumbangan pemikiran bagi kemajuan bangsa.

Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengakses website http://diaspora.kemlu.go.id/. Informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan kongres tersebut dapat dilakukan dengan menghubungi Sdri. Suzanne Ayuningtyas (suzan.maria@indonesia-osaka.org) dan Sdr. Teddy Anzah (teddyanzah@indonesia-osaka.org )

Akhir kata, saya sangat berharap pada Kongres Diaspora Indonesia ke-2 tahun, Diaspora dari Jepang dapat berpartisipasi aktif dan memberikan sumbangan yang berarti bagi masa depan bangsa Indonesia.

 Salam Hormat,

Bambang Soegianto

Tulisan ini dipublikasikan di Pengumuman. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>