Pesan dari Konsul Jenderal RI Osaka

Yth. Rekan-rekan Muslim WNI di Kansai:

Terimakasih atas atas tanggapan dan masukan perihal Sholat Idul Fitri Dan Halal Bihalal oleh KJRI Osaka.

Sholat Ied di Osaka-Kobe tahun lalu dilaksanakan di salah satu hall di Kobe bagian Barat dan diikuti oleh sekitar 300 orang. Umumnya yang datang adalah WNI yang berkedudukan di Osaka dan Kobe, meliputi sebagian besar mahasiswa dan hanya sedikit pemagang (jishusei dan kenshusei). Teman-teman Dari Kyoto hampir semuanya mengikuti sholat Ied yang diadakan oleh perkumpulan Muslim universitas Kyoto bertempat di dalam kampus. Sebagian teman-teman  di Osaka dan Nara juga memilih sholat di masjid Osaka di Amagasaki dan masjid Osaka di Ibaraki. Beberapa teman Kobe melakukan sholat di Masjid Kobe.

Perlu diketahui, bahwa sejak tahun lalu telah berdiri masjid di Amagasaki dan masjid di Ibaraki, selain masjid Kobe itu sendiri. Dengan demikian semakin banyak tempat ibadah untuk Muslim di wilayah Kansai. Selain itu beberapa kelompok masyarakat seperti PPI Kyoto, masyarakat/PPI Hiroshima, masyarakat WNI Okayama setiap tahunnya selalu menyelenggarakan sholat tarawih maupun sholat Ied.

Halal Bihalal merayakan Idul Fitri tahun 2011 direncanakan diadakan hari Minggu, 4 September 2011 di Kobe dengan target:

Diikuti oleh segenap masyarakat WNI Dari Osaka, Kyoto, Nara, Kobe, bahkan juga dari Shiga, Wakayama, Okayama, Tokushima, Dan sekitarnya. Dengan demikian kita semua berkesempatan untuk berkumpul bersama sehari penuh dalam suasana yang Fitri. Acara diikuti tidak hanya mahasiswa/PPI, tapi juga jishusei-kenshusei, kangoshi-kaigofusishi, istri/suami WNI, profesional, beserta seluruh anggota keluarga. Dengan demikian, KJRI sangat mengharapkan segenap masyarakat Indonesia dari berbagai penjuru Jepang Barat akan hadir beserta keluarga.

Perihal usulan agar KJRI tetap mengadakan sholat Ied, kami akan mempertimbangkan dengan seksama dengan kemungkinan bisa dilaksanakan di Wisma Kediaman Konjen RI di Mikage Kobe (kapasitas maksimum 180 orang). Ini bersifat tentatif, setelah mendengarkan masukan lebih rinci perihal kapasitas yang ada di masjid-masjid Kobe, Osaka, Amagasaki, Ibaraki, Kyoto University Hall, dll, serta perkiraan jumlah orang yang BISA datang melakukan sholat di KJRI. Kami “open minded” dalam Hal ini.

Sekian dan terima kasih

Ibnu Hadi

Tulisan ini dipublikasikan di Pengumuman. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>