Kunjungan Marist Brothers’ International School

Pada hari Jum’at, 21 Mei 2010 pukul 11 siang, KJRI Osaka mendapatkan kunjungan dari kelas 6 SD Marist Brothers. Sekolah ini merupakan sekolah internasional yang berlokasi di Kobe. Kunjungan mereka kali ini bertujuan untuk lebih mengenal Indonesia dan cara kerja KJRI Osaka.

Sejak awal kedatangan mereka , Konsul Muda Konsuler mendampingi mereka sambil menjelaskan mengenai KJRI Osaka. Di depan pintu masuk, dijelaskan mengenai Garuda Pancasila yang merupakan lambang negara Indonesia. Selanjutnya mereka ditunjukkan ruang kerja di KJRI Osaka, mulai dari lobi yang merupakan tempat pelayanan kekonsuleran, ruang masing-masing bidang, hingga akhirnya berkumpul di dalam ruang rapat untuk mendengar penjelasan lebih lanjut mengenai Indonesia.

Sebelum memulai paparan mengenai Indonesia, murid-murid kelas 6 yang didampingi oleh 2 orang guru disambut oleh Konsul Jenderal RI di Osaka, Ibnu Hadi, dan dijelaskan antara lain mengenai tugas dan fungsi Konsul Jenderal. Selanjutnya mereka disuguhkan video singkat mengenai Indonesia. Anak-anak tampak tertarik dengan berbagai keindahan Indonesia yang ditampilkan dalam video. Setelah pemutaran video, Konsul Muda Konsuler menanyakan apakah di antara mereka ada yang pernah ke Indonesia atau tertarik untuk berkunjung  ke Indonesia. Semua murid mengangkat tangan dan mengatakan ingin ke Indonesia.

Setelah itu mereka mendengarkan pemaparan mengenai Indonesia, mulai dari aspek geografis, hubungan Indonesia dengan dunia, flora dan fauna, tempat wisata, dan seni budaya. Kemudian mereka dijelaskan mengenai fungsi dan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh KJRI baik di bidang ekonomi, penerangan dan sosial budaya, serta kekonsuleran. Pada akhir pemaparan, diberikan beberapa link agar mereka bisa mendapat informasi lebih lengkap mengenai Indonesia melalui internet. Mereka juga diajak untuk memilih Pulau Komodo sebagai satu dari 7 keajaiban alam dunia  melalui internet:http://www.new7wonders.com/community/en/new7wonders/new7wonders_of_nature/voting

Setelah selesai pemaparan, ditampilkan tari Bali berikut keterangan mengenai dasar-dasar menari Bali. Anak-anak dan para guru tampak kagum dengan tari Bali yang ditarikan oleh seorang staf KJRI Osaka. Di akhir acara, mereka mendapat penjelasan singkat mengenai alamat musik angklung.

Tepat sebelum diselenggarakan shalat Jum’at di KJRI Osaka, anak-anak pun kembali ke sekolah mereka dengan ceria dan mendapat pengetahuan baru mengenai Indonesia.

Tulisan ini dipublikasikan di Kegiatan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>