Mengembangkan Kerja Sama UKM, Konjen RI Osaka Berkunjung ke MOBIO Osaka

99

DSCF1269 (2)

Guna menjajaki peluang kerja sama pengembangan UKM Indonesia dengan UKM di Jepang, Konjen RI di Osaka melakukan pertemuan dengan Direktur dan Asisten Direktur Manufacturing Support Division, Small and Medium Enterprise Support Office, Department of Commerce, Industry and Labor Mr. Yoischi Hayashi dan Ms. Yoko Koyama. Manufacturing Support Division merupakan divisi di bawah Pemerintah Prefektur Osaka yang menaungi MOBIO.

MOBIO adalah fasilitas yang memberikan dukungan pelayanan bagi UKM yang berada di wilayah Osaka. Dukungan yang diberikan diantaranya berupa one stop service dalam hal memberikan konsultasi umum, konsultasi terkait intellectual property right, pengembangan bisnis, kolaborasi antara industri dan akademisi, perluasan bisnis ke luar negeri, business matching, dan penyediaan ruang exhibisi produk UKM. Osaka memiliki 35.000 UKM, dengan konsentrasi terbesar beradai di Higashi Osaka. Bagi Jepang, UKM merupakan cerminan dari kemajuan teknologi Jepang.

Copy of DSCF1271

Setiap tahun MOBIO dikunjungi oleh sebanyak 26.000 orang, dengan komposisi 30% merupakan pengunjung asing.  Di tahun ini, 3 negara utama pengunjung MOBIO adalah Thailand, Vietnam dan Indonesia.

Terkait dengan upaya peningkatan kerjasama,, Direktur Manufacturing Support Division pada prinsipnya menyambut baik usulan Konjen RI agar MOBIO dapat berbagi ilmu kepada Indonesia dalam hal pengelolaan dan pengembangan UKM sehingga UKM Indonesia dapat berkembang sebagaimana halnya UKM di Jepang. Pihak MOBIO pun menawarkan kerja sama melalui business matching antara UKM di Indonesia dan UKM di Jepang, yang diharapkan dapat membuka peluang kerja sama pengembangan bisnis bagi kedua belah pihak.

This entry was posted in ニュース. Bookmark the permalink.