Masyarakat Jepang dan Indonesia di Osaka rayakan bersama HUT ke-60 Hubungan Diplomatik

89

b (11)

b (28)

b (5)

Masyarakat Jepang dan Indonesia di Osaka dan sekitarnya berbaur dan berpesta di Festival Indonesia-Jepang, Namba Hatch, Osaka, tanggal 1-2 September 2019 merayakan bersama hubungan diplomatik kedua negara yang menginjak usia ke-60 (1958-2018). Festival ini adalah salah satu rangkaian acara peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang yang dilangsungkan di kedua negara sepanjang 2018, dan merupakan acara puncak di wilayah Jepang bagian barat.

Festival ini menjadi ajang pertama di Osaka yang mempertemukan seni budaya dan masyarakat Indonesia dan Jepang, serta saling memperkenalkan potensi bisnis UKM masing-masing negara. Melalui Festival ini hubungan kedua negara terutama dalam lingkup hubungan antar masyarakat dapat terus terjalin erat dan menghasilkan capaian-capaian nyata.

Di panggung pertunjukan, delegasi budaya dari Dinas Kebudayaan, Provinsi DI Yogyakarta menjadi bintang tamu utama dengan menyuguhkan “Seta Pratama”, sendra tari kontemporer dan atraktif. Kolaborasi musik tradisional kedua negara juga ditampilkan yakni antara alat musik Taiko dengan Gamelan Bali yang menjadi bukti kompatibilitias dan keterpaduan budaya kedua negara.

Sanggar-sanggar seni Bali, Jawa dan Sunda di Jepang yang diawaki oleh Warga Jepang turut memeriahkan dengan menampilkan beragam tarian dan harmoni musik tradisonal Indonesia. Tari dan Barong Bali, paduan Angklung, Tari Jawa hingga Wayang Kulit menghibur pengunjung selama 2 hari penyelenggaraan Festival.

Festival Indonesia-Jepang juga dimanfaatkan untuk promosikan produk kopi, kain tradisional (Batik dan Ulos) serta perhiasan khas Indonesia kepada masyarakat Jepang. Upaya promosi ini menghasilkan interaksi bisnis di antara pelaku usaha Indonesia yang hadir dengan mitra potensial di Jepang.

Festival Indonesia-Jepang mendapat sambutan yang meriah dari warga Jepang dan masyarakat Indonesia setempat. Selain untuk memperkenalkan lebih jauh seni serta potensi bisnis dan pariwisata Indonesia, acara ini dapat menjadi wahana bagi masyarakat kedua negara untuk memperdalam pemahaman terhadap masing-masing karakteristik dan budaya.

b (4)

b (2)

b (13)

a (27)

a (15)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.