Konser 60 Tahun RI-Jepang di Osaka: Paduan Suara dan Angklung Indonesia dipadukan dengan Grup Taiko Jepang

9

Bertempat di gedung orkestra Sofia, Kota Sakai, Prefektur Osaka, Konser Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia Jepang telah digelar pada 24 Juni 2018 yang menghadirkan kelompok musik anak-anak dan pelajar ternama dari kedua negara. The Resonanz Children’s Choir (TRCC) dan Keluarga Paduan Angklung SMA 3 Bandung (KPA3) yang didatangkan langsung dari Indonesia bersama grup Taiko (alat musik pukul tradisonal Jepang), Sakai Daiko dari Osaka menghibur dan unjuk kebolehan di hadapan sekitar 750 penonton.

Konser tersebut menyuguhkan kemampuan bermusik dan bernyanyi anak-anak kedua negara yang memadukan seni moderen dan tradisional. Dalam konser, TRCC memukau penonton dengan olah vokal dan koreografi apik membawakan lagu-lagu Jepang seperti Sakura dan Sakura Yo, lagu-lagu tradisional Indonesia yakni Yamko Rambe Yamko, Bungong Jeumpa dan Janger hingga lagu-lagu mancanegara termasuk We Will Rock You dan Segalariak.

Sementara itu, KPA 3 menyajikan harmoni orkestra Angklung memainkan beragam lagu Indonesia, Jepang dan mancanegara diantaranya Hariring Helueang Tembang, Bengawan Solo, Badai Pasti Berlalu, Hana Wa Saku (Jepang), Star Wars, Swan Lake dan Santorini. Mengawali pagelaran konser, Sakai Daiko mempertunjukan keterampilan dan sinkornisasi pukulan Taiko berjudul “Hikari” atau berarti cahaya yang dapat menjadi energi dan rasa untuk membangkitkan semangat.

“Momentum perayaan hubungan diplomatik ini harus dapat kita optimalkan bersama untuk memperkuat hubungan dan kerja sama Indonesia-Jepang di berbagai bidang. Konser ini diharapkan dapat memperdalam pemahaman dan mempererat hubungan di antara generasi muda kedua negara kita” tutur Konsul Jenderal RI Osaka, Mirza Nurhidayat dalam sambutan pembukanya.

Perhelatan musik di Osaka ini diselenggarakan oleh KJRI Osaka berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Sakai, Prefektur Osaka serta didukung penuh oleh 2 perusahaan Indonesia yaitu PT Pupuk Indonesia (Persero) dan PT Penta. Konser merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memeriahkan 60 Tahun Hubungan RI-Jepang (1958-2018) yang diselenggarakan baik di Indonesia maupun JEpang. Sehari sebelumnya yakni tanggal 23 Juni 2018, kedua grup ini tampil pada konser serupa di Tokyo yang diselenggarakan oleh KBRI Tokyo dan dihadiri oleh 4 anggota keluarga Kekaisaran Jepang selaku Tamu Kehormatan.

a (21)

a (20)

a (19)

a (18)

a (17)

a (16)

a (15)

a (14)

a (13)

a (12)

a (11)

a (10)

a (9)

a (8)

a (7)

a (6)

a (5)

a (4)

a (3)

a (2)

a (1)

3

2

1

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.