Dukung peningkatan kerjasama pendidikan Indonesia-Jepang, SMA Tarakanita dan Harima High School perbaharui MoU kerjasama

9

Pada 9 April 2018 KJRI Osaka menerima kunjungan dari perwakilan SMA Tarakanita (Yayasan Tarakanita) dan Harima High School (Suruga Gakuen Hyogo). Kunjungan tersebut selain memperkenalkan siswi-siswi baru peserta pertukaran, juga untuk menginfokan telah dilakukannya pembaharuan MoU kerjasama yang disepakati kedua pihak pada tanggal 9 April 2018.

MoU pertama kali ditandatangani pada tahun 2013 yang pembentukannya difasilitasi oleh KJRI Osaka. MoU mengatur penyelenggaraan 4 program yaitu pertukaran pelajar, home stay, saling kunjung tenaga pendidik serta pertukaran pengalaman dalam hal penyusunan kurikulum, pembangunan karakter dan pengelolaan SDM.

Setiap tahun SMA Tarakanita mengirim 2 siswi untuk bersekolah di Harima High School selama 1 tahun. Selain itu, program home stay kedua sekolah telah dilakukan dalam 2 tahun terakhir dengan saling kirim 10 siswi selama 2 minggu secara bergantian tiap tahunnya. SMA Tarakanita juga mengirimkan 3 guru per tahun ke Harima High School untuk pengenalan terhadap sistem pendidikan di Jepang.

Dalam kesempatan tersebut, Acting Konsul Jenderal RI Osaka, Tumpal M.H. Hutagalung mengapresiasi upaya bersama kedua sekolah yang turut mempererat hubungan antar generasi muda dan meningkatkan kerjasama bidang pendidikan kedua negara. Pembaharuan MoU juga dilakukan pada waktu yang tepat yakni di tengah-tengah momentum peringatan ke-60 hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang (1958-2018).
b (3)

b (2)

b (4)

b (1)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.