Courtesy Call Konjen RI Osaka kepada Wakil Gubernur Hyogo dan Walikota Kishiwada

8

Pada tanggal 6 Desember 2017, Konsul Jenderal RI Osaka telah melakukan courtesy call kepada Wakil Gubernur Hyogo, Mr. Kazuo Kanazwa dan Walikota Kishiwada, Mr. Yoshinori Shigi secara terpisah masing-masing di Kantor Pemerintah Prefektur Hyogo dan Kantor Pemerintah Kota Kishiwada. Maksud courtesy call adalah untuk berpamitan karena sebentar lagi akan mengakhiri tugas sebagai Konsul Jenderal RI di Osaka, menyampaikan apresiasi atas dukungan dalam kegiatan dan aktivitas promosi yang dilakukan KJRI Osaka, serta ajakan untuk bekerja sama dalam memeriahkan perayaan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Jepang pada tahun 2018.

Dalam pertemuan dengan Wakil Gubernur Hyogo, Mr. Kazuo Kanazawa, Konjen RI Osaka menyampaikan apresiasi atas kerjasama dan pertukaran aktif yang selama ini telah dilakukan khususnya dalam bidang ekonomi. Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir telah banyak kegiatan yang dilaksanakan bersama, diantaranya: kegiatan business luncheon meeting dengan para pebisnis Hyogo dan Hyogo International Business Center pada Maret 2016, pelaksanaan seminar peluang bisnis Indonesia bulan September 2017, pengiriman misi investasi Kobe ke Indonesia pada November 2017.

Dalam kesempatan tersebut, Konjen RI Osaka juga menyampaikan permintaan agar kiranya dapat mendukung kegiatan di tahun depan khususnya yang terkait dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Jepang. Wakil Gubernur Hyogo menyambut baik keinginan tersebut dan karena ketertarikannya akan angklung berharap di tahun 2018 dapat dilakukan kolaborasi pagelaran budaya Indonesia – Jepang di Prefektur Hyogo.

Kishiwada adalah salah satu kota di Prefektur Osaka yang telah secara rutin membantu pelaksanaan promosi Indonesia dengan penyelenggaraan Kansai Bali Dance Festival setiap tahun. Pada tahun 2018, penyelenggaraan Bali Dance Festival akan memasuki tahun yang ke-10. Diharapkan penyelenggaraannya di tahun 2018 akan turut menjadi bagian juga dalam rangkaian peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia – Jepang. Konjen RI Osaka mengusulkan kiranya dapat pula dijajaki kerjasama sister city dengan kota di Bali dengan titik berat kerjasama budaya.

Walikota Kishiwada menyambut baik usulan tersebut dan menyatakan bahwa kerjasama budaya menjadi titik tolak dikembangkannya kerjasama dalam bidang-bidang lain diantaranya ekonomi dan pariwisata. Kishiwada sebagai kota di Prefektur Osaka yang terletak di tengah-tengah kota Osaka dan Bandara Kansai, juga tengah berupaya menarik wisatawan mancanegara dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan budaya (matsuri).

2017-12-11-PHOTO-00000108

1

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.