Menteri Bappenas Tawarkan Proyek Infrastruktur di Indonesia

1
Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro melakukan pertemuan terpisah dengan pimpinan perusahaan Kansai Electric Power (KEP) dan Osaka Gas (OG), di Osaka tanggal 1 Desember 2017, dan menawarkan sejumlah proyek infrastruktur di sejumlah daerah di Indonesia, yang sesuai minat KEP maupun OG, antara lain pembangunan pembangkit listrik tenaga air, batubara dan gas, serta pembangunan infrastruktur lainnya yang kiranya menarik minat KEP dan OG berinvestasi di Indonesia.

Ditegaskan oleh Menteri Bappenas bahwa pembangunan pembangkit listrik sangat diperlukan Indonesia untuk pemerataan kebutuhan listrik industri di sekitarnya dan meningkatkan produktifitas. Diharapkan Jepang, dalam hal ini KEP dan OG, tertarik untuk bekerjasama baik secara keseluruhan maupun bermitra dengan perusahaan Indonesia.

Pihak KEP dan OG masing-masing menjelaskan kepada Menteri Bappenas bahwa keduanya saat ini telah memiliki kerjasama dengan mitranya di Indonesia, masing-masing antara KEP dengan anak perusahaan PLN, Indonesia Power (IP), serta OG dengan PLN dan Perusahaan Gas Negara (PGN).

Saat ini KEP tengah membangun proyek PLTA Rajamandala sejak Oktober 2014 di Kabupaten Bandung yang berkapasitas 47 MW berkerjasama dengan IP, masing-masing memiliki saham 49% dan 51%. PLTA Rajamandala diharapkan sudah beroperasi pada 2019. KEP juga sejak Maret 2017 membangun PLTU Tanjung Jati di Kabupaten Pati berkapasitas 2.000 MW bekerjasama dengan PLN dan rencananya beroperasi tahun 2021.

Sedangkan OG membuka kantornya di Jakarta sejak Oktober 2016 untuk dapat lebih aktif menggarap peluang bisnis di Indonesia. OG juga menyampaikan pihaknya telah memenangkan lelang PLN untuk proyek LNG di Bangka Belitung dan Pontianak dan saat ini sedang mempersiapkan proposal pembangunannya.

Di akhir pertemuan dengan KEP dan OG, Menteri Bappenas menambahkan bahwa kiranya KEP dan OG tertarik dengan proyek infrastuktur lainnya di luar sektor energi, kementeriannya siap membantu dengan informasi dan memfasilitasi proses investasinya.

2

3

4

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.