Program Saling Kunjung Siswa dalam Kerangka Kerjasama Sister Province Osaka – Jawa Timur

8

Tahun ini, KJRI Osaka kembali menerima kunjungan para siswa yang mengikuti program saling kunjung dalam kerangka kerjasama sister province Osaka dengan Jawa Timur. Kali ini sebanyak 8 siswa dari SMA Negeri 1 Waru dan SMA Negeri 3 Sidoarjo mengikuti program kunjungan selama 1 minggu di Osaka.

 

Berbagai kesan dan pertanyaan mengenai Jepang disampaikan dalam sesi pertemuan dengan Konjen RI Osaka pada tanggal 22 November 2017, mulai dari kekaguman para siswa akan kebersihan dan kedisiplinan masyarakat di Osaka, pertanyaan terkait sistem pendidikan di Jepang, ketersedianaan makanan halal,  perbedaan budaya antara Jepang dan Indonesia, hingga kebingungan saat pertama kali menggunakan toliet di Jepang yang serba otomatis.

 

Konjen RI Osaka mengharapkan para siswa dapat mengambil pelajaran atas hal-hal baik yang mereka temui selama di Jepang dan menerapkannya di sekolah masing-masing. Untuk program saling kunjung ini diharapkan dapat terus dikembangkan hingga lebih inovatif  antara lain melalui program sister school, dan pertemuan antar alumni peserta program saling kunjung siswa.

 

Selain mengunjungi KJRI Osaka, selama program 19 – 25 November 2017, para siswa melakukan kunjungan ke Universitas Osaka, SMA Sakurazuka dan SMA Kishiwada serta pertemuan dengan pihak Pemerintah Prefektur Osaka.

 

Dalam kerangka program saling kunjung siswa ini, pihak Osaka telah melakukan kunjungan ke Jawa Timur sebanyak 3 kali, sedangkan Jawa Timur telah melakukan kunjungan sebanyak 2 kali.

2

1

4

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.