Kunjungan SMA dan SMP di Surabaya ke Jepang Barat

apimunhigashi

Sebanyak 28 siswa dari sekolah menengah di Surabaya yang terdiri atas 26 siswa kelas 11 dan 12 SMA Negeri 4  serta 2  orang siswa dari SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 6 dengan didampingi oleh 4 orang guru sekolah, pada tanggal 21 November 2017 melakukan kunjungan ke KJRI Osaka. Kunjungan yang diatur oleh Asia Pacific Indonesia Multicultural Understanding (APIMUN) merupakan rangkaian kunjungan ke 3 kota di Jepang Barat: Osaka, Kobe dan Kyoto guna mendapatkan wawasan lebih luas mengenai budaya dan masyarakat Jepang.

 

Para siswa mendengarkan dengan antusias penjelasan Konsul Jenderal RI Osaka mengenai kerjasama Indonesia dengan wilayah kerja di bidang sosial budaya dan pendidikan. Sebagian besar dari mereka ingin mengetahui lebih lanjut cara dapat melanjutkan studi ke Jepang. Selama di Jepang mereka juga telah bertemu dengan para siswa Jepang yang tergabung dalam Japan International Student Association.

 

Guna menambah wawasan para siswa, KJRI Osaka telah membantu mengatur kunjungan mereka ke Higashi Clean Center, sebuah instalasi pembakaran sampah di wilayah Sakai, Prefektur Osaka untuk mendapatkan gambaran mengenai manajemen pengelolaan sampah di Jepang.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.