Nasi Goreng dan Mie Goreng diserbu dalam Festival Indonesia di Kawachinagano

99

Batik dan kerajinan Indonesia, kuliner Indonesia serta kemeriahan budaya Indonesia berpadu dengan budaya Jepang memeriahkan kegiatan Festival Indonesia yang dilaksanakan di kota Kawachinagano, Prefektur Osaka pada tanggal 21 Oktober 2017. Antusias masyarakat dan dukungan Pemkot Kawachinagano terkait pelaksanaan kegiataan tersebut begitu besar hingga Walikota Kawachinagano, Mr. Tomoaki Shimada yang hari itu khusus mengenakan batik hadir bersama-sama dengan KJRI Osaka guna membuka kegiatan Festival Indonesia saat itu. Dalam sambutannya, kedua belah pihak sama-sama mendorong untuk membuat Festival Indonesia yang lebih meriah lagi di tahun depan seiring dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia Jepang.

Ketika tiba waktu makan siang, nasi goreng dan mie goreng menjadi incaran para pengunjung festival. Selain itu, Walikota Kawachinagano juga tampak menikmati sajian sate ayam dan siomay yang disediakan oleh DWP KJRI Osaka. Acara berlangsung dalam suasana akrab dan gembira dengan penampilan aneka seni budaya Indonesia dari berbagai daerah: Bali, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Sumatera Utara dan juga penampilan istimewa biduan Yogyakarta yang menyanyikan lagu keroncong. Selain itu juga ditampilkan visualisasi mengenai pariwisata Indonesia, serta cerita pengalaman para guru bahasa Jepang di Indonesia.

Tidak saja budaya Indonesia, namun pengunjung juga menikmati alunan handbell ensemble serta tabuhan drum wadaiko (Japanese Drum) yang dibawakan oleh murid SMA di Kawachinagano. Para pengunjung festival juga terhibur dengan tingkah polah anak-anak Indonesia dan Jepang dalam segmen fashion show yang menampilkan baju-baju khas Indonesia.

Festival Indonesia yang merupakan kegiatan promosi budaya Indonesia untuk kedua kalinya dilaksanakan di kota Kawachinagano, diprakarsai oleh Kawachinagano International Friendship Association, Azaria dan Luna Friendship dengan dukungan dari Pemerintah Kota Kawachinagano dan KJRI Osaka.

1

12

2

3

4

5

6

7

8

15

13

11

9

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.