Tim Indonesia bawa pulang 6 medali dari World Rafting Championship 2017

8

Rafting WRC 2017 1

Tim Indonesia berhasil membawa pulang 1 medali emas, 1 medali perak dan 4 medali perunggu dalam Kejuaraan Dunia Arung Jeram (World Rafting Championship) yang diselenggarakan di Miyoshi, Prefektur Tokushima, Jepang tanggal 2-9 Oktober 2017.

 

Tim Indonesia meraih 1 medali emas di kelas Youth Putri (U-19) untuk nomor Sprint, 1 medali perak dari kelas Youth Putra (U-19) untuk nomor Down River Race (DRR), dan 4 medali perunggu masing-masing dari kelas Junior Putra (U-23), Youth Putra (U-19) dan Youth Putri untuk dua nomor berbeda. Sementara Tim Open Putri dan Tim Masters (>40 tahun) Putra dan Putri Indonesia berada di dasar peringkat untuk semua nomor.

Rafting WRC 2017 1

 

Rafting WRC 2017 2

 

Rafting WRC 2017 3

Selain berhasil memperoleh medali, Tim Indonesia juga menuai prestasi dalam kategori Juara Umum yang ditentukan berdasarkan akumulasi poin selama kejuaraan. Tim Youth Putri melengkapi medali emasnya dengan predikat Juara Umum ketiga kategori Youth Putri, demikian pula Tim Youth Putra Indonesia yang berhasil meraih juara umum ketiga katagori Youth Putra.

 

Keberhasilan tim Youth Putri Indonesia tidak lepas dari tangan dingin mantan atlet rafting Aceng Supendi. Tim muda asal Cikidang, Sukabumi ini sudah mulai terbentuk sejak mereka duduk di bangku SMP dan kesuksesan mereka di ajang internasional dimulai sejak World Rafting Championship 2015 yang dilaksanakan di Indonesia.

 

Dalam perolehan medali secara keseluruhan, Indonesia (1-1-4) menempati urutan ke-8 dari 23 negara peserta WRC 2017 setelah Jepang (8-11-3), Rusia (8-2-6), Selandia Baru (6-9-7), Brasil (5-0-1), Turki (5-0-0), Ceko (4-8-7), Inggris Raya (2-2-9). Brasil berhasil memecahkan rekor ke tujuh kalinya dengan keluar sebagai juara umum di kelas Open putra, divisi yang paling bergengsi.  Adapun tim yang berhasil merebut semua medali emas pada semua nomor lomba: Brasil pada Open Putra, Turki pada Youth Putra, dan Jepang pada divisi Masters Putra.

 

Torehan prestasi yang diukir akan membuat Tim Rafting Indonesia semakin diperhitungkan di kancah dunia, terutama pada divisi Youth dan Junior. Sedangkan pada kelas Open dan Masters, dengan lawan-lawan yang jauh lebih berpengalaman, Tim Indonesia harus lebih jeli dalam mempersiapkan diri agar sesuai dengan tuntutan di kelas-kelas bergengsi ini. Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua Umum Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Amalia Yunita saat ditemui usai acara penutupan WRC 2017 di Miyoshi Gymnasium.

Rafting WRC 2017 5

Rafting WRC 2017 4

(Sumber: Rilis Media FAJI)

 

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.