Lansia Jepang pelajari Indonesia di KJRI Osaka

9

Sebanyak 24 orang lansia Jepang anggota Japan Second Life Association telah melakukan kunjungan ke KJRI Osaka pada tanggal 12 September 2017. Asosiasi tersebut terdiri dari para lansia yang telah pensiun  dan banyak melakukan kegiatan dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup mereka. Kunjungan ke KJRI Osaka kali ini adalah untuk mengenal Indonesia, terutama budaya dan keseharian masyarakat Indonesia.

 

Tidak semua mengetahui mengenai Indonesia, walaupun ada beberapa diantara mereka yang telah berusia 80an tahun memiliki kenangan tentang Indonesia ketika orang tua mereka pernah ke Batavia, saat itu. Bahkan ada yang menyimpan foto masa lalu yang menggambarkan sebuah studio foto di Batavia dengan nama “Sakura” pada masa penjajahan Belanda.

 

Konjen RI Osaka menyambut baik kunjungan mereka dan berharap melalui kunjungannya ke KJRI Osaka dan paparan singkat mengenai Indonesia yang disampaikan dapat diperoleh gambaran umum tentang Indonesia. Sambil menikmati sajian kue pisang goreng dan risoles,  tampak mereka antusias mengajukan pertanyaan seputar Indonesia diantaranya mengenai daerah wisata yang disarankan untuk dikunjungi, kekaguman mereka akan ragamnya budaya dan bahasa daerah, penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia hingga ke pertanyaan mengenai uang 2000 rupiah dapat digunakan untuk membeli apa saja.

 

Kunjungan Second Life Association ke KJRI Osaka telah rutin dilaksanakan, dengan peserta yang berbeda-beda setiap tahunnya, dan kali ini merupakan kunjungan mereka yang ketujuh.

a (2)

a (1)

a (3)

a (4)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.