Kunjungan ke Masjid Mihara, Hiroshima

8

Dalam rangka pembinaan masyarakat, Konsul Jenderal RI Osaka telah melakukan kunjungan ke Masjid Mihara, di Prefektur Hiroshima tanggal 10 September 2017. Pada kesempatan tersebut, Konsul Jenderal bertemu dengan pengurus Masjid Mihara, Bapak Tarmizi Muhamad Umar beserta kalangan masyarakat Indonesia terdiri dari pekerja, tenaga magang dan mahasiswa.

 

Pengurus Masjid menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan KJRI Osaka dalam memberi dukungan dana dalam rangka pelunasan pembelian Masjid bulan Mei 2016 dan menyampaikan perkembangan renovasi masjid Mihara berupa ruang pertemuan, ruang belajar dan kamar mandi. Jumlah masyarakat Indonesia di Mihara ada sekitar 113 anggota keluarga yang diantaranya 75 orang dewasa dan 28 anak usia balita sampai dengan Sekolah Menengah Pertama. Dilihat dari segi geografis, Mihara berbatasan dengan Higashi Hiroshima dimana banyak mahasiswa Indonesia bermukim di kota Hirodai serta banyak tenaga magang Indonesia yang bermukim di kota Onomichi dan kota Innoshima telah menjadikan Mihara sebagai tempat persinggahan dan pertemuan.

 

Dalam pertemuan tersebut, Bapak Konsul Jenderal menyampaikan apresiasi atas inisiatif masyarakat Indonesia di Mihara dan sekitarnya secara swasembada mengumpulkan dana untuk membeli lahan dan bangunan yang digunakan sebagai masjid. Berharap masjid Mihara dapat terus dikelola dengan baik oleh masyarakat Indonesia dan senantiasa bekerjasama dengan organisasi Islam di Jepang seperti KMII dan IPTIC dalam mendatangkan penceramah ke Mihara guna mendapatkan siraman rohani.

 

Selain itu, Konjen menghimbau agar masyarakat Indonesia selalu mentaati peraturan-peraturan pemerintah setempat antara lain terkait dengan izin tinggal, izin bekerja dan menghindari dari terjadinya pelanggaran hukum. Konjen menyampaikan jika terjadi permasalahan terkait dengan masyarakat Indonesia, kiranya dapat menghubungi KJRI Osaka.

a (2)a (1)
a (3)
a (4)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.