Resepsi Diplomatik Peringatan Kemerdekaan RI ke-72

Konsulat Jenderal RI di Osaka menyelenggarakan Resepsi Diplomatik memperingati hari kemerdekaan ke-72 pada 5 September 2016 di Imperial Hotel Osaka, yang dihadiri tidak kurang dari 300 tamu undangan, terdiri dari kalangan diplomatik, pemerintahan dan pengusaha di wilayah Kansai, akademisi, asosiasi bisnis, asosiasi persahabatan dan undangan friends of Indonesia lainnya. Hadir sebagai Guest of Honor kali ini adalah Wakil Gubernur Hyogo, Mr. Kazuo Kanazawa.

 

Dalam sambutan singkat yang disampaikan Konsul Jenderal Wisnu E. Pratignyo maupun Wakil Gubernur Hyogo, menekankan hal yang sama bahwa hubungan Indonesia dengan Jepang saat ini sangat baik. Hal ini terlihat dari semakin intensnya saling kunjung pejabat pemerintah, pengusaha maupun warga negara antara kedua negara. Konjen Wisnu juga menyampaikan terima kasih kepada pengusaha maupun investor Jepang atas kontribusi mereka terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

 

Penyelengaraan Resepsi Diplomatik ini juga merupakan bagian dari membina dan mempererat hubungan baik KJRI Osaka dengan kalangan diplomatik, pejabat pemerintahan dan pengusaha di wilayah kerja KJRI. Selain itu juga melaksanakan soft diplomacy dengan mengenalkan beberapa makanan khas Indonesia dan beberapa lagu Indonesia yang dimainkan oleh iringan musik hidup oleh Band Batak Kansai (Bansai), serta memamerkan 12 foto destinasi pariwisata di Indonesia dan 2 poster pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019-2020.

 

Banyaknya tamu undangan yang hadir menandakan bahwa Indonesia makin dikenal peranannya di Jepang, baik oleh kalangan di Jepang sendiri maupun kalangan perwakilan asing yang berada di Jepang. Beberapa undangan yang tidak dapat hadir juga menyampaikan ucapan selamat (congratulatory messages) secara tertulis kepada KJRI Osaka.

99 a (1) a (2) a (3) a (4) a (5) a (7) a (8) a (10) a (11) a (12) a (13) b (4) b (5) b (2)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.