Kekhidmatan dan kemeriahan warnai Peringatan HUT RI ke-72 di Kobe

9

Lebih dari 130 Masyarakat Indonesia di Osaka, Kobe dan sekitarnya memadati Wisma Konsul Jenderal RI Osaka yang berlokasi di Kota Kobe untuk memperingati  Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 tanggal 17 Agustus 2017. Berbagai lapisan masyarakat Indonesia setempat termasuk pelajar, profesional, diaspora dan caregiver/perawat Indonesia hadir memeriahkan dan menghadiri rangkaian acara perayaan HUT RI ke-72 yang turut mengundang sejumlah masyarakat Jepang sebagai tamu.

 

Masyarakat Indonesia yang hadir tampak bersuka cita menyambut dan merayakan hari jadi Republik Indonesia. Sebagian besar dari mereka mengenakan baju batik dengan berbagai corak yang telah menjadi identitas dan kebanggaan bangsa Indonesia. Masyarakat Indonesia juga memanfaatkan kesempatan ini untuk saling bersilatrahmi  sembari menikmati beragam makanan khas Indonesia seperti Mie Bakso, Sate, Semur Daging dan Capcay yang disajikan di Wisma Konsul Jenderal RI di Kobe.

 

Rangkaian acara dimulai dengan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dengan Konsul Jenderal RI Osaka bertindak sebagai Pembina Upacara dan unsur Persatuan Pelajar Indonesia Kobe selaku Komandan Upacara dan Pengibar Bendera. Upacara berlangsung khidmat dan penuh penghayatan dari seluruh peserta dan tamu upacara yang hadir. Bendera Merah Putih mencapai puncak dan berkibar di tiang bendera tepat pukul 10.00 pagi wakth setempat.

 

Kemudian perayaan dilanjutkan acara sykuruan melalui prosesi pemotongan tumpeng oleh Konsul Jenderal dan Istri dan disaksikan seluruh masyarakat Indonesia dan Jepang yang hadir. Acara pemotongan tumpeng ini telah menjadi tradisi KJRI Osaka dalam perayaan HUT RI dari tahun ke tahun.

 

Dalam perayaan HUT RI tahun 2017, KJRI Osaka memberikan piagam penghargaan kepada individu dan organisasi yang telah memberikan banyak sumbangsih dalam upaya mempromosikan Indonesia di Jepang dan memperkuat hubungan Indonesia-Jepang. Tahun ini, penghargaan antara lain diberikan kepada akedemisi/Indonesianist, diaspora Indonesia, konsultan hukum KJRI Osaka, asosiasi persahabatan dan sanggar seni budaya Indonesia.

 

DSC_5464 DSC_5458 DSC_5511 DSC_5528 DSC_5544

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.