Kolaborasi Seni Tari serta Gamelan Jawa dan Bali Pukau Masyarakat Jepang di Nara

9

Pada tanggal 29 Juli 2017, KJRI Osaka bekerja sama dengan Asosiasi Persahabatan Indonesia – Nara dan Pemerintah Kota Nara telah menyelenggarakan acara kebudayaan di Nara Chubu Kominkan, Nara. Pagelaran budaya kali menyugguhkan kolaborasi seni tari budaya Jawa dan Bali dengan iringan gamelan Jawa dan Bali secara live. Pengisi acara adalah Sanggar Tari dan Gamelan Hana Hoss untuk budaya Jawa serta Sanggar Tari dan Gamelan Gita Kencana untuk budaya Bali. Sebagian besar anggota kedua sanggar tersebut adalah orang Jepang yang pandai bermain gamelan dan membawakan seni tari Indonesia. Tarian Jawa dan Bali ditampilkan secara silih berganti dengan tarian kolaborasi kedua budaya tersebut sebagai penutup acara. Pelaksanaan pagelaran ini adalah untuk yang pertama kalinya KJRI Osaka lakukan di Nara.

Acara dibuka oleh sambutan dari Konjen RI Osaka, serta sambutan dari Wakil Walikota Nara, Mr. Yasuyuki Tsuyama dan Ketua Asosiasi Persahabatan Indonesia Nara, Mr. Masahiko Kotani, serta pembacaan sambutan yang diterima dari Walikota Nara, Mr. Gen Nakagawa.

Sekitar 270 masyarakat Jepang di Nara dan sekitarnya terpukau menyaksikan penampilan seni tari dan gamelan yang memiliki ciri khas masing-masing. Sebagian besar dari penonton baru pertama kali menyaksikan kolaborasi kedua budaya tersebut menyatakan kekagumannya akan perbedaan budaya Jawa dan Bali. Tarian yang ditampilkan dalam pagelaran tersebut adalah: Tari Panjembrana, Tari Sekar Pudyastuti, Tari Gambyong, Tari Margapati, Tari Srikandi Surodewati, Tari Cenderawasih, Tari Jathilan dan Kolaborasi Tari Jawa dan Bali.

a (1)

a (3)

a (5)

a (6)

a (7)

a (4)

a (11)

a (13)

a (14)

a (16)

a (17)

a (20)

a (22)

a (26)

a (28)

a (29)

a (32)

a (35)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.