Dubes Arifin Tasrif temui Wagub Osaka dan Pebisnis Kansai

9

Pada tanggal 27 Juli 2017 Duta Besar Arifin Tasrif didampingi oleh Konjen RI Osaka dan Fungsi Ekonomi, Atase Perindustrian serta Atase Perdagangan KBRI Tokyo telah melakukan coutesy call kepada Wakil Gubernur Osaka, Mr. Jun Arai. Pertemuan yang berlangsung penuh persahabatan tersebut membahas upaya peningkatan kerjasama TTI, hubungan P to P dan permintaan dukungan Osaka untuk pencalonan kota Osaka sebagai penyelenggara World Expo 2025.  Di bidang perdagangan dan investasi kedua pihak sepakati tingkatkan kerjasama dalam sektor manufaktur, kesehatan, maritim, pertanian serta energi baru dan terbarukan. Dalam bidang pariwisata disepakati penjajakan kerjasama saling promosi daerah destinasi pariwisata unggulan di kedua wilayah utamanya untuk Indonesia terkait dengan promosi 10 destinasi pariwisata prioritas, serta permohonan Osaka untuk meningkatkan frekuensi penerbangan Garuda Indonesia rute Osaka – Jakarta dari hanya 3 kali seminggu menjadi setiap hari.

 

Kedua belah pihak juga mengakui pentingnya upaya memupuk hubungan people to people utamanya generasi muda yang dapat memperkuat hubungan Indonesia – Jepang di masa depan juga mendasari penguatan kerjasama ekonomi kedua negara. Peningkatan hubungan P to P difokuskan pada kerjasama pendidikan seperti pertukaran siswa yang selama ini telah berlangsung serta usulan Dubes Arifin Tasrif untuk juga lakukan pertukaran guru-guru bahasa.

 

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Arifin Tasrif sampaikan dukungan Indonesia atas pencalonan Osaka sebagai kota penyelenggara World Expo 2025 dan ungkapkan harapan agar Osaka dapat memenangkan pencalonan tersebut.

 

Malam harinya, KJRI Osaka telah fasilitasi pertemuan Dubes dengan para pebisnis di wilayah Kansai termasuk Mie, Wakayama, Okayama dan Yamaguchi. Pertemuan dan ramah tamah tersebut dihadiri oleh lebih kurang 60 pebisnis. Dubes Arifin Tasrif dalam sambutannya kembali dorong kerjasama TTI antara Indonesia dan Jepang.

 

Sebelumnya, di hari yang sama, Dubes RI juga telah melakukan pertemuan dengan Vice Chairman Kankerien (Kansai Economic Federation) dan kunjungan ke Mobio Osaka (support base for SME manufacturers in Osaka).

a (1)

a (2)

a (3)

b (1)

b (2)

b (4)

b (3)

c (1)

c (2)

c (3)

c (4)

c (5)

c1 (1)

c1 (2)

c1 (3)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.