Promosikan Bahasa Indonesia, Pupuk Pecinta Indonesia

8

Tanggal 22 Juli 2017, KJRI Osaka kembali melaksanakan kegiatan Lomba Pidato dan Membaca Cerita Pendek Bahasa Indonesia. Lomba pada tahun 2017 merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan dengan maksud untuk semakin mempromosikan penggunaan Bahasa Indonesia diantara para penutur asing sekaligus merupakan upaya soft diplomacy KJRI Osaka untuk menjaring bibit-bibit muda pecinta Indonesia. Lomba diikuti oleh 21 peserta dalam 3 kategori yaitu Lomba Pidato Tingkat Atas, Pidato Tingkat Pemula dan Membaca Cerpen. Kegiatan dibuka oleh Konjen RI Osaka yang dalam sambutannya mengharapkan agar melalui lomba ini dapat mendorong semakin giat untuk belajar Bahasa Indonesia.
Bertindak sebagai juri dalam lomba kali ini adalah 2 orang pecinta Indonesia yaitu Prof. Tadami Taniguchi (Ketua Asosiasi Persahabatan Indonesia – Tenri/Durian Kai); Prof. Takehiro Tomio ahli sejara Indonesia dari Setsunan University dan Ibu Alinda, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Tokyo. Para peserta berasal dari mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia tingkat 1 – 4 universitas di wilayah Kansai yaitu Osaka University, Setsunan University, Ritsumeikan Iniversity, Ristumeikan Asia Pacific University, Tenri University, Konan Women University, Momoyama Gakuin University dan ada juga peserta freelance/umum.
Berdasarkan keputusan juri, keluar sebagai juara I, 2 dan 3 secara berturut-turut untuk masing-masing kategori adalah sebagi berikut: Lomba Pidato Tingkat Atas: Taiki Fujita (Freelance/Umum), Ikumi Kinjo (Setsunan University), Kenya Mzutani (Ritsumeikan University); Lomba Pidato Tingkat Pemula: Chiaki Hino (Konan Women University), Rina Fujiwara (Konan Women University), Ryo Takaike (Ritsumeikan University); Lomba Membaca Cerpen: Makiko Okada (Osaka University), Sora Wakida (Tenri University); Ayako Ueno (Ritsumeikan Asia Pacific University). Masing—masing pemenang mendapatkan piala, piagam dan voucher makan di restoran Indonesia. Keluar sebagai juara umum dalam lomba tahun ini adalah Makiko Okada yang mendapatkan hadiah satu tiket penerbangan ke Indonesia untuk mengikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 72 pada tanggal 17 Agustus 2017 bersama-sama dengan Presiden RI di Istana Negara. Hadiah ke Jakarta tersebut merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang diberikan kepada pemenang Lomba Pidato dan Lomba Bercerita Bahasa Indonesia dari 17 Perwakilan RI.
Selamat kepada para pemenang!

a (1)

a (2)

a (3)

a (4)

a (5)

a (6)

a (8)

a (7)

a (9)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.