Pertemuan Dirjen PEN dan Dirjen METI Kansai Bahas Kerjasama Perdagangan

9

 

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan RI, Ibu Arlinda, didampingi oleh Konsul Jenderal RI di Osaka, Bapak Wisnu Edi Pratignyo telah melakukan pertemuan dengan Dirjen baru Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) Kantor Wilayah Kansai, Mr. Kiyoshi Mori, di Osaka 12 Juli 2017. Pembicaraan dalam bentuk semi formal tersebut membahas upaya peningkatan hubungan dan kerjasama ekonomi, khususnya perdagangan, antara RI dan Jepang.

 

Dalam pembukaan Konjen Wisnu menyampaikan ucapan selamat atas penunjukan Mr. Mori sebagai Dirjen METI Wilayah Kansai yang baru sejak awal Juli 2017 ini dan berharap dapat lebih meningkatkan perdagangan bilateral yang beberapa tahun terakhir nilainya maupun volumenya terus menurun. Dirjen PEN menambahkan bahwa salah satu upaya Indonesia utnuk  meningkatkan kerjasama perdagangan adalah mengundang para pengusaha Jepang untuk hadir dan bertransaksi pada Trade Expo Indonesia (TEI) yang akan diselenggarakan di Jakarta 11-15 Oktober 2017 mendatang.

 

Dirjen PEN juga menjelaskan bahwa tujuan utama kedatangannya ke Osaka adalah untuk berbagi informasi dengan pelaku bisnis setempat tentang kemajuan industri kelapa sawit yang berkelanjutan di Indonesia dalam seminar yang diselenggarakan KJRI Osaka pada 13 Juli 2017. Lebih lanjut, Dirjen PEN mengutarakan bahwa Kelapa sawit merupakan komoditas dengan beragam fungsi yang dapat dimanfaatkan oleh industri di Jepang. Buah kelapa sawit misalnya dapat dimanfaatkan untuk dijadikan berbagai produk dari produk makanan hingga biofuel.  Demikian juga halnya cangkang dari buah sawit yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk industri tertentu.

 

Sementara itu, memanfaatkan pertemuan dengan pejabat Indonesia, Mr. Mori meminta dukungan Indonesia untuk pencalonan Kota Osaka sebagai tuan rumah World Expo Osaka 2025, yang pemilihannya dilakukan di Paris bulan November 2018.

 

Pada akhir pertemuan, Dirjen PEN dan Dirjen METI sepakat dengan usulan Konjen Wisnu untuk meningkatkan kerjasama ekonomi bilateral, yakni meminta bantuan METI untuk diselenggarakannya suatu forum pertemuan dengan beberapa pengusaha di wilayah Kansai dalam waktu dekat. Pertemuan tersebut lebih dimaksudkan untuk memperoleh masukan (feedback) dari para pengusaha Jepang mengenai tantangan dan hambatan berbisnis dengan Indonesia yang perlu diketahui oleh Pemerintah Indonesia.

Dirjen PEN-METI

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.