Seminar Investasi di Okayama

8

KJRI Osaka kembali melaksanakan seminar investasi di Okayama, 30 Juni 2017, setelah sebelumnya di Shiga pada 29 Juni 2017. Kali ini KJRI Osaka bekerjasama dengan Pemerintah Prefektur Okayama, Okayama International Business Centre (OIBA) dan Jetro Osaka. Hadir sebagai narasumber adalah Direktur Pengembangan Usaha BKPM Bapak Pratito Soeharyo, Kepala Kantor Perwakilan BI Tokyo Bapak Reza Anglingkusumo, Penasihat Jetro Osaka Mr. Tadashi Konda, dan penasihat perusahaan Itano Kikou Co. Ltd., Mr. Niichi Akiyama.

Seminar tetap mengusung tema yang sama, “Indonesia’s Economic Development & Investment Climate”, dimana tidak kurang dari 60 undangan hadir, yang umumnya pebisnis UKM dan berkeinginan mengembangkan ke Indonesia. Para undangan sangat antusias mendengarkan paparan dan melanjutkan perbincangan serta berkonsultasi lebih lanjut dalam acara ramah tamah usai seminar.

Dalam sambutan singkatnya, Konjen RI Osaka Wisnu E. Pratignyo, seperti halnya di Shiga sehari sebelumnya, menegaskan bahwa berbisnis dan berinvestasi di Indonesia menguntungkan dan aman. Hal ini dipertegas oleh paparan Kepala BI Tokyo bahwa perkembangan perekonomian Indonesia saat ini diprediksi makin baik dan prospektif.

Konjen Wisnu juga mengajak bagi pebisnis Jepang untuk menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) di Jakarta, 11-15 Oktober 2017, untuk menjajaki pengembangan usaha sekaligus melihat peluang investasi masa depan di Indonesia. Hal ini diamini oleh Mr. Konda dari Jetro Osaka, yang menyarankan pebisnis Jepang untuk menghadiri TEI 2017 dan pameran manufaktur di Indonesia bulan Desember 2017. Selain itu, Jetro juga mengajak pebisnis Jepang untuk mendirikan pabriknya di kawasan industri di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang upah pekerjanya terjangkau, fasilitas infrastruktur yang terus ditingkatkan dan tersedianya tenaga kerja berbahasa Jepang.

Sementara itu, Direktur Pengembangaan Usaha BKPM menjelaskan kebijakan-kebijakan baru investasi asing di Indonesia yang makin dipermudah dan menguntungkan, serta mengundang makin banyak lagi investasi Jepang masuk melalui kemitraan dengan perusahaan di Indonesia. Hal yang sama diutarakan dalam pengalaman perusahaan Itano Kikou Co. Ltd. di Indonesia, yang diharapkan makin mendorong keinginan pebisnis Jepang mengembangkan usahanya ke Indonesia.

a (1)

a (2)

a (3)

a (4)

a (5)

Perusahaan Itano Kikou Co. Ltd merupakan perusahaan suku cadang peralatan pertanian (traktor) untuk keperluan perusahaan Jepang yang lebih besar dan lebih dulu beroperasi di Indonesia, seperti Yanmar dan Kubota. Khusus perusahaan ini adalah contoh yang berhasil dari kunjungan misi dagang OIBA ke Indonesia pada akhir 2014. Setelah mengikuti misidagang, perusahaan ini menindaklanjuti dengan penjajakan langsung hingga tidak ragu membangun pabriknya di Pasuruan pada akhir 2016.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.