Investasi di Indonesia Menguntungkan dan Aman Bagi Pebisnis Jepang

9

Dalam sambutan singkatnya pada seminar investasi dengan thema “Indonesia’s Economic Development & Investment Climate” di Gedung Kadin Shiga, 29 Juni 2017, Konjen RI Osaka Wisnu E. Pratignyo menegaskan bahwa berbisnis dan berinvestasi di Indonesia sangat menguntungkan dan aman, karena perekonomian Indonesia terus berkembang dan telah memperoleh pengakuan positif dari lembaga-lembaga rating internasional. Konjen Wisnu juga mengajak bagi pebisnis Jepang untuk menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) di Jakarta, 11-15 Oktober 2017, untuk menjajaki pengembangan usaha sekaligus melihat peluang investasi masa depan di Indonesia.

Seminar investasi tersebut terselenggara atas kerjasama KJRI Osaka, Pemerintah Prefektur Shiga, Kadin Shiga dan Jetro Osaka. Hadir sebagai narasumber adalah Direktur Pengembangan Usaha BKPM Bapak Pratito Soeharyo, Kepala Kantor Perwakilan BI Tokyo Bapak Reza Anglingkusumo, Penasihat Jetro Osaka Mr. Tadashi Konda, dan Presiden perusahaan Gohsyu Corporation Mr. Mitsuhiro Goto.

Seminar dihadiri lebih dari 60 undangan, umumnya pebisnis UKM yang berorientasi mengembangkan bisnisnya ke Asia Tenggara, khususnya ke Indonesia karena memiliki potensi yang besar dan perekonomiannya sedang terus berkembang. Para narasumber dan undangan seusai seminar berbincang dan berkonsultasi lebih lanjut dalam acara ramah tamah.

Menguntungkan dan amannya investasi Jepang di Indonesia dipertegas dalam paparan Kepala BI Tokyo, karena perkembangan perekonomian Indonesia saat ini diprediksi makin baik dan prospektif. Sementara itu, Direktur Pengembangaan Usaha BKPM menjelaskan kebijakan-kebijakan baru investasi asing di Indonesia yang makin dipermudah dan menguntungkan, serta mengundang lebih banyak lagi investasi Jepang masuk melalui kemitraan dengan perusahaan di Indonesia.

Hal yang sama disampaikan oleh Jetro Osaka yang menjelaskan pengembangan bisnis dan investasi Jepang di Indonesia, serta pengalaman perusahaan Gohsyu Corporation di Indonesia yang sukses memproduksi suku cadang kendaraan bermotor di Cikarang sejak 1996. Pengalaman sukses ini diharapkan makin mendorong keinginan pebisnis Jepang mengembangkan usahanya ke Indonesia.

Jetro Osaka bahkan menyarankan dan menawarkan bantuan kepada pebisnis Jepang untuk ekspansi ke kawasan industri di Jawa Tengah dan Jawa Timur yang upah minimumnya terjangku, fasilitas infrastruktur yang terus ditingkatkan dan tersedianya tenaga kerja berbahasa Jepang. Selain itu, sama seperti ajakan Konjen Wisnu, Jetro juga mengajak pebisnis Jepang untuk menghadiri TEI 2017 dan pameran manufaktur di Indonesia bulan Desember 2017

a (1)

a (2)

a (3)

a (4)

a (5)

a (6)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.