Pelatihan Calon Perawat dan Caregiver EPA Angkatan ke-10 dimulai di Osaka

8

Sebanyak 106 orang calon perawat dan caregiver (perawat lansia) dari Indonesia hadir dalam pembukaan pelatihan di Kansai Kenshu Center pada tanggal 15 Juni 2017 yang diselenggarakan oleh Overseas Human Resources and Industry Development Association (HIDA). Para peserta pelatihan di Osaka ini merupakan bagian dari total 324 calon perawat dan perawat lansia dari Indonesia yang dikirim ke Jepang dalam program Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement angkatan ke-10 untuk tahun 2017.

Dalam sambutannya, Konjen RI Osaka menyampaikan pentingnya para calon perawat dan perawat lansia Indonesia untuk mengikuti program pelatihan dengan tekun guna menambah pengetahuan dan pengalaman kerja. Ditekankan pula agar tugas dan tanggung jawab pekerjaan dilaksanakan dengan penuh dedikasi dan disiplin, senantiasa mematuhi peraturan yang ada, serta memanfaatkan waktu yang ada untuk menimba ilmu agar berhasil lulus dalam ujian nasional Jepang.

Pelatihan bahasa Jepang selama enam bulan diberikan kepada para calon perawat dan perawat lansia dari Indonesia setibanya di Jepang sebelum ditugaskan ke berbagai panti lansia dan rumah sakit. Selain kemampuan bahasa Jepang, para kandidat ini diberikan pengetahuan budaya dan kebiasaan masyarakat Jepang agar mampu beradaptasi dengan lingkungan/tempat kerja yang baru.

Selain KJRI Osaka dan HIDA, acara pembukaan pelatihan ini dihadiri oleh pejabat dari BNP2TKI, Kemlu Jepang, JICWELS, dan perwakilan dari panti lansia maupun rumah sakit yang nantinya akan menerima para calon perawat dan perawat lansia dari Indonesia. (Sumber: KJRI Osaka)

d

b

c

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.