Konjen RI Osaka Hadiri General Meeting Hiroshima-Indonesia Association

8

Konjen RI Osaka Wisnu E. Pratignyo dan Wakil Kepala Perwakilan RI Tokyo Ben P. Drajad hadir dalam General Meeting of Hiroshima-Indonesia Association (HIA) di Hotel Ana Crown Hiroshima, 6 Juni 2017. Acara ini merupakan kegiatan tahunan yang dihadiri kalangan perusahaan dan perbankan yang menjadi anggota HIA, serta pejabat Perfektur dan Kota Hiroshima.

 

Selesai acara dilakukan social gathering, yang turut menghadirkan 40 WNI di Hiroshima yang berprofesi sebagai pekerja, pemagang, care giver, dan mahasiswa beserta keluarga mereka. Acara gathering dihibur oleh Tari Saman yang dilakukan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Hiroshima.

 

Dalam sambutannya Presiden HIA Mr. Kozo Tamura menjelaskan beberapa kegiatan HIA dalam upaya mempererat hubungan persahabatan dan kerjasama Indonesia-Jepang, antara lain: di bidang ekonomi, pebisnis Jepang melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat baik dan diramalkan pada tahun 2050 menjadi kekuatan ekonomi ke-4 di dunia; kerjasama di bidang sosial dan pendidikan juga terus meningkat dan Universitas Hiroshima mengadakan kontes pidato berbahasa Jepang di Jakarta pada 2016, yang diikuti 88 mahasiswa dari beberapa Universitas di Indonesia Universitas Hiroshima merupakan salah satu universitas yang menerima paling banyak mahasiswa asal Indonesia (lebih dari 50 mahasiswa setiap tahun).

 

Sementara itu, Wakeppri Tokyo dalam sambutannya mengharapkan peningkatan kontribusi HIA dalam hubungan dan kerjasama bilateral kedua negara, khususnya pada peringatan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara tahun 2018. Ditekankan pula kepada pengusaha Jepang di Hiroshima bahwa Jepang akan selalu menjadi mitra utama perdagangan dan investasi bagi Indonesia dan mengharapkan Jepang berpartisipasi dalam program-program infrastruktur yang digalakan pemerintah Indonesia.

 

Direktur Jenderal Kebijakan Regional Hiroshima Prefectural Government, Mr Masahiro Takenaka saat diminta informasi mengakui bahwa hubungan antara Indonesia dengan Hiroshima makin erat terlihat dari banyaknya WNI bermukim di Hiroshima (diperkirakan lebih dari 1.300 orang); meningkatnya turis Indonesia ke Hiroshima (umumnya melihat Peace Memorial Park); dan makin banyak mahasiswa Indonesia dan peserta program pelatihan di Hiroshima.

a (4)

a (2)

a (1)

7

6

5

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.