Kunjungan Delegasi BAPPENAS ke Osaka

910

Konsul Jenderal RI Osaka menerima delegasi BAPPENAS yang berkunjung ke Jepang dipimpin oleh Kepala PUSBINDIKLATREN, Ibu Nur Hygiawati Rahayu pada 11 Mei 2017.  Tujuan utama delegasi BAPPENAS berkunjung ke Jepang adalah guna melakukan monitoring terhadap pelaksanaan Professional Human Resources Development (PHRD).

PHRD merupakan program beasiswa Bappenas bergelar S2 dan S3 maupun non-gelar (Short-term Training Program, Staff Enhancement Program, dan Program for Academic Staff) di Jepang bagi Aparatur Sipil Negara/ASN Indonesia khususnya dari daerah yang pendanaannya bekerjasama dengan JICA. Program tersebut telah berjalan kurang lebih selama 20 tahun terakhir.

Saat ini terdapat 142 mahasiswa Indonesia penerima beasiswa PHRD yang umumnya menjalani program S2 double degree pada universitas-universitas di Jepang termasuk di Osaka, Kobe, Kyoto, Hiroshima dan Yamaguchi. Program double degree dimaksud terdiri dari 1 tahun perkuliahan di Indonesia dan 1 tahun perkuliahan di Jepang.

Dalam pertemuan, Konsul Jenderal menyampaikan pandangannya bahwa penting bagi para penerima beasiswa PHRD untuk melakukan pendalaman pengetahuan dan penelitian terkait pembangunan bersifat konkret yang dapat diterapkan di daerah asalnya masing-masing. Di samping itu, para penerima beasiswa juga diharapkan dapat mengunjungi fasilitas-fasilitas publik dan pemangku kepentingan setempat yang terkait dengan bidang studinya sehingga dapat memperoleh gambaran yang menyeluruh dan pemahaman lebih mendalam.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.