Konsul Jenderal RI Osaka Jajaki Kerjasama Promosi Indonesia dengan Ehime Indonesia Friendship Association

9

Dalam kunjungan kerjanya ke Prefektur Ehime pada 8 Mei 2017, Konsul Jenderal RI Osaka melakukan pertemuan dengan Ehime Indonesia Friendship Association (EIFA) membahas berbagai peluang mempromosikan Indonesia di Ehime dalam berbagai bidang termasuk investasi dan budaya.

Dalam pertemuan, KJRI Osaka mencapai kesepakatan dengan EIFA untuk menjajaki beberapa inisiatif kerjasama mempromosikan Indonesia di Ehime. Di bidang ekonomi, kedua pihak akan membahas lebih lanjut gagasan penyelenggaraan seminar bertema peluang investasi bidang perkapalan di Indonesia. Sebagai informasi, Ehime merupakan salah satu Prefektur yang memiliki industri perkapalan yang pesat di Jepang. Di sisi lain, Indonesia saat ini tengah gencar membangun konektivitas infrastruktur transportasi laut dalam rangka mewujudkan cita-cita sebagai Poros Maritim Dunia.

Sementara itu, di bidang budaya, kedua pihak akan mengintensifkan komunikasi untuk mengelaborasi peluang kolaborasi menyelenggarakan Festival Indonesia dalam rangka memperkenalkan seni dan budaya Indonesia lebih jauh kepada masyarakat Ehime.

EIFA merupakan wadah para pecinta Indonesia di Pref. Ehime yang beranggotakan warga Jepang dengan latar belakang beragam, mulai dari akademisi, dokter, pelaku usaha, corporate executives hingga jurnalis. Asosiasi yang terbentuk pada 2008 tersebut aktif mendukung promosi Indonesia serta kerjasama di bidang pendidikan dan kebudayaan dengan Indonesia. Termasuk diantaranya dengan menyelenggarakan festival budaya Indonesia, kursus intensif Bahasa Indonesia dan simposium serta saling kirim delegasi dan pelajar antara Indonesia dan Ehime.

1

2

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.