Konjen RI Osaka Temu Wicara dengan Indonesianis dan Asosiasi Persahabatan

9

Indonesianis dan Asosiasi Persahabatan Indonesia-Jepang merupakan mitra dan aset penting bagi KJRI Osaka dalam mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Jepang, khususnya di bidang seni dan budaya. Demikian disampaikan oleh Konsul Jenderal RI Osaka pada acara Temu Wicara Konsul Jenderal RI Osaka dengan Indonesianis dan Asosiasi Persahabatan RI-Jepang, 1 April 2017 bertempat di Wisma Kobe.

Dalam kesempatan tersebut, para Indonesianis dan asosiasi persahabatan berbagi informasi tentang aktivitas dan rencana kegiatan masing-masing yang mengangkat seni dan budaya Indonesia. Konsul Jenderal mengharapkan Indonesianis dan asosiasi persahabatan dapat terus perkuat sinergi dengan KJRI Osaka dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan tersebut, sehingga upaya promosi seni budaya Indonesia di Jepang dapat terlaksana lebih optimal, khususnya dalam rangka menyongsong peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Jepang pada 2018.

Saat ini setidaknya terdapat 13 asosiasi persahabatan Indonesia-Jepang yang dibentuk dan beranggotakan warga negara Jepang pecinta dan pakar Indonesia. Ketigabelas asosiasi tersebut tersebar di sejumlah kota di kawasan Kansai, Shikoku dan Chugoku yakni Osaka (2 asosiasi), Kyoto (2), Nara (2), Tenri (2) Kobe, Hiroshima, Okayama (2), Tokushima dan Ehime. Sementara itu, tercatat sebanyak 17 akademis Indonesianis di wilayah kerja KJRI Osaka yang aktif mengajar dan menulis tentang Indonesia di Perguruan Tinggi setempat.

1

4

3

5

6

7

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.