Angklung dan Arumba pada Indonesia Day di Ashiya, Hyogo

90

Tidak kurang dari 100 orang warga Jepang memadati aula Ashiya Exchange Center guna menghadiri acara Indonesia Day yang mengusung tema promosi alat musik tradisional Indonesia: angklung dan arumba. Kegiatan yang terselenggara atas kerja sama antara KJRI Osaka dan Ashiya Cosmopolitan Association (ACA) dimaksudkan sebagai bagian upaya promosi budaya Indonesia yang beraneka ragam kepada masyarakat Jepang dan untuk lebih mendekatkan budaya kedua bangsa yang hubungan diplomatiknya akan mencapai  60 tahun pada 2018.

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 18 Maret 2017 di Ashiya, Hyogo tersebut dibuka oleh Konjen RI Osaka, Bapak Wisnu Edi Pratignyo dan juga President Ashiya Cosmopolitan Association, Mr. Yuuichi Toda.

Kegiatan hari itu terbagi atas segmen paparan mengenai beragam alat musik tradisional Indonesia berbahan dasar bamboo yang dibawakan oleh Ibu Atase Pendidikan KBRI Tokyo, Ibu Alinda Fitrany Malik Zain; penampilan grup angklung dan arumba Pasir Bintang beranggotakan warga Jepang yang selain membawakan beberapa lagu Indonesia dan Jepang juga membimbing hadirin bermain angklung secara interaktif; dan diakhiri dengan promsoi beberapa jenis kue tradisional Indonesia termasuk minuman cendol.

Para hadirin tampak antusias mengikuti kegiatan Indonesia Day, terutama ketika turut aktif berpartisipasi bermain angklung bersama.

1 (1)

1 (2)

1 (3)

1 (4)

1 (8)

1 (9)

1 (11)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.