Konjen RI Osaka Makan Siang Dengan Penggiat Halal di Wisma Kobe

9

Konjen RI Osaka Wisnu E. Pratignyo, 11 Maret 2017, menjamu makan siang 3 kelompok penggiat produk halal di Kansai sekaligus membahas kemungkinan pembentukan lembaga sertifikasi halal di wilayah Kansai. Ketiga kelompok itu diinisiasi WNI di Kansai, yakni Sdr. Tohir Mabruri (mantan direktur di Japan Halal Association/JHA), Eni Lestari (pengajar dan pengurus Kyoto Halal Network Association/KHNA) dan Cosmas Adiputra (mahasiswa dan pendiri Zero Information Committee).

Dalam jamuan, Konjen Wisnu menyampaikan penghargaannya atas inisiasi ketiga kelompok dan menawarkan kiranya KJRI Osaka dapat membantu mewujudkan adanya semacam kantor perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) atau lembaga sertifikasi halal di Kansai. Bantuan dimaksud bisa berupa melakukan pendekatan kepada MUI selaku lembaga sertifikasi halal dan membahasnya bersama.

Ketiga kelompok ini, menurut Konjen Wisnu, dapat saling mengisi di masa depan ketika sudah berdiri lembaga halal di Kansai yang diharapkan mendapat dukungan dari MUI. Tohir Mabruri sebagai mantan direktur di JHA mengetahui prosedur yang diperlukan dalam memberi sertifikasi halal pada sebuah produk. Sedangkan Ibu Eni Lestari dari KHNA memiliki kelas memasak makanan halal di Kyoto. Sementara itu Cosmas Adiputra bersama mitranya memiliki kapasitas tertentu untuk menentukan sebuah produk mengandung babi dan alkohol atau tidak.

Saat ini terdapat beberapa lembaga halal di Jepang yang diakui MUI, antara lain Muslim Professional Japan Association (MPJA) dan Japan Muslim Association (JMA). Sedangkan lembaga halal lainnya diakui oleh lembaga Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM), yakni Japan Halal Association (JHA) dan Japan Muslim Association (JMA).

2

1

4

3

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.