Konjen RI Osaka Terima Peserta Pelatihan Penanggulangan Bencana di Osaka

9

Konsul Jenderal (Konjen) RI di Osaka, Wisnu E. Pratignyo pada 20 Februari 2017 menerima 7 peserta Pelatihan Penanggulangan Bencana, yakni dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB, 4 orang), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG, 2) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT, 1).

Dalam sambutan singkatnya, Konjen RI Osaka menyatakan bahwa kiranya kegiatan ini dapat dimanfaatkan maksimal untuk kepentingan nasional. Konjen RI Osaka juga mengharapkan kiranya lembaga terkait dari daerah-daerah di Indonesia dapat dilibatkan dalam pelatihan mendatang.  Ditambahkan bahwa pogram ini bertujuan meningkatkan kewaspadaan bencana diantara pejabat pusat dan daerah di Indonesia dengan melihat langsung fasilitas mitigasi bencana dan mempelajari know-how sistem manajemen yang diterapkan di Wilayah Kansai.

Pelatihan diselenggarakan bersama antara JICA (Japan International Cooperation Agency Kansai Centre) dan Federasi Ekonomi Kansai (Kankeiren), tanggal 19-24 Februari 2017, khusus untuk para pemangku kepentingan terkait penanggulangan bencana asal Indonesia. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut hasil kunjungan Kankeiren ke Indonesia pada Maret 2016.

 Para peserta akan melihat langsung dan mempelajari pengalaman Jepang dalam menangani bencana, antara lain banjir, gempa bumi, dan tsunami. Mereka akan berkunjung ke Pemerintah Kota Osaka dan Kobe serta ke perusahaan-perusahaan teknologi seperti Hitachi, Itoden, Panasonic, NTT dan Panahome.

Picture2

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.