Konjen RI Osaka Paparkan Peluang Bisnis di Indonesia di Fukui

8

a
Konjen RI Osaka dan Kepala ITPC Osaka mempromosikan peluang dan potensi bisnis di Indonesia dalam seminar bisnis di Fukui, Jepang, 14 Desember 2016, yang diselenggarakan Fukui International Association (FIA). Konjen dan kepala ITPC Osaka masing-masing mempresentasikan mengenai peluang bisnis di Indonesia dan pelayanan yang diberikan oleh kantor ITPC di Osaka di hadapan 48 pengusaha asal Fukui.

Dalam seminar, Konjen memaparkan perihal situasi perkembangan ekonomi Indonesia dan kebijakan-kebijakan terkini yang memudahkan masuknya investasi asing; menyampaikan potensi bisnis perdagangan yang bisa ditawarkan Indonesia maupun Jepang (dalam hal ini dari Fukui), khususnya di bidang pertanian, peternakan, perikanan dan manufaktur; serta kegiatan dan fasilitasi KJRI dan ITPC Osaka dalam rangka meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara, seperti dalam rangka pengiriman misi dagang Jepang ke Indonesia dan sebaliknya, keikutsertaan pameran, business matching dan penyampaian informasi bisnis.

Hadir pula 2 perusahaan Fukui yang telah menjalin kerjasama dengan Indonesia sebagai narasumber untuk lebih menarik minat pengusaha Fukui berbisnis di Indonesia. Kedua perusahaan itu, yakni Taya Farm yang sejak 2008 telah melaksanakan program magang pertanian dengan petani Indonesia dan Hosoda Ltd yang telah membuka pabrik makanan suplemen di Kabupaten Bandung. Selain menyampaikan pengalamannya, kedua perusahaan tersebut juga mengkritik situasi umum di Indonesia, seperti macet dan kedisiplinan waktu.

Pada acara resepsi usai Seminar, Konjen mengharapkan adanya misi dagang Fukui ke Indonesia. Selama tahun 2016, KJRI dan ITPC Osaka telah memfasilitasi sejumlah misi dagang ke Indonesia, antara lain dari Okayama, Hiroshima dan Wakayama. Pada 2017 telah direncanakan kunjungan misi datang dari Hiroshima ke Jakarta dan Batam (Januari) dan dari Osaka ke Jakarta dan Surabaya (Februari). Umumnya mereka diacarakan berkunjung ke zona industri dan ke perusahaan-perusahaan Jepang yang telah berinvestasi di Indonesia.

Sebelum kegiatan seminar, pada 13 Desember 2016 Konjen RI Osaka dan Kepala ITPC mengunjungi lahan pertanian Perusahaan Taya Farm dan melakukan pertemuan ramah tamah dengan WNI (perwakilan masyarakat, pekerja, dan mahasiswa) yang berada di Fukui.

b

d

c

b2

e

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.