Konjen RI Osaka Hadiri pembukaan pelatihan 2016-IDCM

8

1. Konjen RI Osaka, Wisnu E. Pratignyo menghadiri pembukaan program pelatihan Corporate Management for Indonesia (2016-IDCM), yang disenggarakan the Overseas Human Resources and Industry Development Association (HIDA), di Osaka tanggal 7 Desember 2016. Program yang berlangsung 7-20 Desember 2016 ini diikuti 21 peserta asal Indonesia. Mereka adalah para CEO’s (direktur dan manajer) perusahaan UKM Indonesia dari berbagai bidang manufaktur.

2. Dalam sambutan singkatnya, Konjen berterima kasih kepada penyelenggara dan berpesan kepada para peserta agar dapat meningkatkan kapasitasnya dibidang manajemen, yang pada gilirannya dapat meningkatkan produktifitas dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Program pelatihan terdiri dari pemberian materi di kelas, kunjungan ke beberapa perusahaan UKM di wilayah Kansai (Jepang Barat), dan diskusi. Karena itu, Konjen berpesan kirany para peserta melihat dan mempelajari langsung bagaimana etos kerja perusahaan Jepang dan para pegawainya yang sangat dikagumi di dunia, yakni rajin, disiplin, termotivasi dan berdedikasi.

3. Selain itu, kami juga meminta peserta Indonesia untuk mempelajari, antara lain: karakter perusahaan UKM Jepang seperti apa?; filosofi manajemen perusahaan?; serta bagaimana proses pengambilan keputusan dan proses penyusunan strategi untuk mencapai tujuan?. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bagaimana proses perusahaan Jepang menyelesaikan masalah-masalah dalam hal manajemen, pegawai dan keuangan.

4. Jepang, melalui the Association for Overseas Technical Scholarship (AOTS) sejak 1959 dan Japan Overseas Development Cooperation (JODC) sejak 1970 telah memberikan bantuan kerjasama teknik kepada negara-negara berkembang sekaligus untuk mempererat hubungan bilateral. Pada tahun 2012, AOTS dan JOHD digabungkan dengan nama the Overseas Human Resources and Industry Development Association (HIDA). Sejak tahun 1959, HIDA mengklaim telah memberikan pelatihan kepada 180.000 individu dari banyak negara berkembang, termasuk 20.000 dari Indonesia.

1
2
caption: Konjen RI Osaka Berikan Sambutan Pada Pelatihan 2016-IDCM di Osaka 7 Desember 2016.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.