Warga Emas dan Sanggar Seni Indonesia di Jepang Unjuk Kebolehan di Pagelaran Malam Budaya Indonesia

9

KJRI Osaka pada tanggal 21 Oktober 2016 telah menyelenggarakan pagelaran seni budaya dengan tajuk “Malam Budaya Indonesia”, bertempat di Main Hall gedung Pusat Budaya dan Sejarah Osaka di kota Osaka, Jepang. Acara diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan seni budaya Indonesia sekaligus mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia kepada khalayak masyarakat Jepang.
Acara yang dihadiri sebanyak lebih dari 500 penonton tersebut menampilkan sejumlah tari-tarian dari daerah Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Sumatera Barat yang dibawakan oleh warga Jepang anggota sejumlah sanggar seni gamelan dan tari Indonesia di Jepang, pelajar Indonesia dan warga masyarakat Indonesia yang berdomisili di Jepang. Selain itu, acara juga diisi dengan korus lagu-lagu Indonesia dan Jepang yang dibawakan secara kolaboratif oleh 50 orang warga emas Jepang dari sejumlah asosiasi persahabatan Indonesia-Jepang dan anggota Dharma Wanita Persatuan KJRI Osaka. Diantara lagu-lagu yang dibawakan dengan iringan alat musik angklung dan piano tersebut adalah Rayuan Pulau Kelapa, Halo-halo Bandung, Bengawan Solo, Nona Manis dan Furusato.
Turut menyemarakkan jalannya acara adalah iringan alat musik gamelan Bali dari sanggar seni Gita Kencana bimbingan Ibu Emi Kobayashi yangmana seluruh personil penabuhnya adalah warga Jepang. Dalam kesempatan tersebut, tim gamelan Bali juga turut mengiringi tari Panyembrana yang dibawakan oleh 4 orang penari Jepang dan tari Oleg Tamulilingan yang dibawakan oleh Ibu Anti Riantini Wisnu, isteri Konsul Jenderal RI Osaka.
Sebagai puncak acara yang dihadiri sejumlah pejabat Pemerintah Jepang, para Konsul Jenderal dan anggota korps diplomatik Kansai serta masyarakat umum wilayah Kansai tersebut adalah permainan angklung secara interaktif yang diikuti oleh seluruh penonton, dibawah bimbingan Mr. Kunioki Morii, ketua Kobe Indonesia Society (KIS) Angklung Group.
Konsul Jenderal RI dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara pagelaran seni budaya Indonesia kali ini diwujudkan selain untuk memperkenalkan kekayaan seni budaya Indonesia, juga sekaligus sebagai wadah serta pengakuan dan penghargaan KJRI Osaka kepada warga Jepang para pecinta dan pelaku seni budaya Indonesia, yang secara aktif menampilkan dan mengajarkan kesenian tradisional Indonesia ke masyarakat Jepang melalui sanggar-sanggar budaya yang mereka bina. Konjen RI juga secara khusus menyampaikan penghargaannya atas peran aktif dan keterlibatan sejumlah asosiasi persahabatan Indonesia-Jepang selama ini di berbagai kegiatan promosi budaya Indonesia, termasuk dalam pagelaran Malam Budaya Indonesia kali ini. (HM)

dsc_6265

dsc_6617

dsc_7284

dsc_7296

dsc_7581

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.