Tempe Goreng Indonesia Merambah Kawachinagano

9

KJRI Osaka bekerjasama dengan Kawachinagano International Friendship Association (KIFA) pada tanggal 16 Oktober 2016 menyelenggarakan festival “Indonesia Day” dengan menampilkan pagelaran seni budaya, busana, kuliner dan destinasi pariwisata Indonesia, dihadapan lebih dari 400 orang hadirin dari wilayah Osaka dan sekitarnya.

“Kegiatan ini memiliki makna yang sangat khusus karena didasari atas keinginan kuat warga Kawachinagano untuk mempererat persahabatan dengan Indonesia”, demikian ungkap Konsul Jenderal RI Osaka dalam sambutannya pada acara pembukaan yang juga dihadiri Walikota Kawachinagano, Presiden KIFA, dan pejabat Pemkot Kawachinagano. Lebih lanjut Konjen juga menyampaikan harapan agar dengan terselenggaranya acara semakin banyak warga Jepang yang berkeinginan untuk mengenal lebih dekat Indonesia, antara lain dengan berkunjung langsung ke berbagai tujuan wisata di Tanah Air.

Acara “Indonesia Daya” dimeriahkan oleh pagelaran tari-tarian dari Jawa Tengah, Bali, Sulawesi dan Sumatera khususnya tarian dari Aceh dan Sumatera Utara. Turut menambah semarak acara adalah pagelaran musik angklung yang dibawakan para pelajar dan mahasiswa Indonesia, dilanjutkan dengan permainan angklung interaktif bersama penonton yang hadir.

Melengkapi nuansa Indonesia, acara juga menggelar berbagai hidangan khas Indonesia seperti tempe goreng, laksa, nasi dan mie goreng serta minuman kopi dari biji kopi asli yang khusus didatangkan dari Indonesia. Demikian halnya pameran berbagai produk kerajinan khas Indonesia serta busana tenun dan batik turut membuat para hadirin ingin berlama-lama dan mengikuti jalannya acara hingga selesai. Sebagai puncak acara adalah penarikan undian dengan hadiah-hadiah menarik dari para sponsor, diantaranya Garuda Indonesia dan sejumlah perusahaan asli dari Kawachinagano. (HM)

a-6

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.