SosiaIisasi Kebijakan dan Perundang-undangan tentang Kewarganegaraan

8

Sosialisasi Kebijakan dan Perundang-undangan tentang Kewarganegaraan telah diselenggarakan pada 2 Oktober 2016 bertempat di KJRI Osaka. Hadir pada acara tersebut sebagai narasumber pejabat-pejabat terkait dari Kementerian Hukum dan HAM yakni, Inspektur Jenderal, Dr. Aidir Amin Daud, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Dr. Freddy Harris dan Direktur Tata Negara, Tehna Bana Sitepu.

 

“Semangat Undang Undang Nomor 12 tentang Kewarganegaraan tahun 2006 adalah untuk melindungi warga negara Indonesia” tegas Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum dalam paparannya. Sementara itu, Inspektur Jenderal Kemenkumham dalam Keynote Speech-nya menggarisbawahi bahwa “Undang Undang ini hadir untuk membela anak hasil kawin campur antara WNI dengan warga negara asing”.

 

Sosialisasi tersebut secara resmi dibuka oleh Konsul Jenderal RI Osaka yang dalam sambutannya menjelaskan tujuan penyelenggaraan acara ini yakni antara lain agar masyarakat Indonesia lebih memahami kebijakan dan peraturan perundang-undangan terkait kewarganegaraan. Selain itu, diharapkan pula agar WNI bisa memperoleh gambaran lebih luas tentang berbagai kasus terkait kewarganegaraan beserta langkah penyelesaiannya dan mendapatkan edukasi tentang status hukum anak berkewarganegaraan ganda.

 

Kegiatan sosialisasi kali ini berjalan lancar dan produktif. Masyarakat Indonesia yang hadir tampak antusias dan aktif mengajukan berbagai pertanyaan antara lain seputar status dan hak-hak anak perkawinan campur yang telah melewati usia 18 tahun, status anak di luar nikah yang lahir di Jepang dan kewarganegaraan ganda.

 

KJRI Osaka menyelenggarakan acara sosialisasi ini dalam rangka memberikan kesempatan masyarakat Indonesia setempat untuk memperoleh penjelasan langsung dari pejabat Kementerian Hukum dan HAM mengenai berbagai isu seputar kewarganegaraan. Sosialisasi ini pada saat yang bersamaan juga bertujuan mensosialisasikan UU Kewarganegaraan secara berkelanjutan kepada masyarakat Indonesia.

upload-kewarga-2 upload-kewarga-4

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.