Peringatan Hari Ulang Tahun ke-71 Proklamasi Kemerdekaan RI

9

KJRI Osaka pada tanggal 17 Agustus 2016 telah melaksanakan kegiatan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-71 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara berlangsung dengan lancar dan khidmat, mengambil tempat pelaksanaan di halaman Wisma Konsul Jenderal RI yang berada di Kobe.
Lebih kurang 200 orang yang terdiri dari para Homestaff dan Local Staff KJRI Osaka beserta keluarga; perwakilan dari Komisariat Persatuan Pelajar Indonesia wilayah KANSAI, Osaka-Nara, Kobe, Kyoto-Shiga, Shimane-Tottori, Tokushima; perwakilan BUMN dan masyarakat WNI yang bekerja di wilayah KJRI Osaka (karyawan, pemagang dan perawat); serta masyarakat Jepang yang terdiri atas pecinta Indonesia, sanggar seni dan budaya, mantan peserta Dharmasiswa dan wakil dari asosiasi persahabatan Indonesia – Jepang telah hadir dalam kegiatan dimaksud.
Dalam amanatnya, Konsul Jenderal RI menyampaikan pentingnya tetap menjaga nasionalisme dan menjadikan sejarah perjuangan bangsa Indonesia sebagai tonggak dan penyemangat dalam melakukan segala aktivitas. Lebih lanjut disampaikan pula upaya dan capaian yang telah dilakukan Pemerintah RI saat ini dalam mendorong dan meningkatkan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Dalam hal ini diharapkan agar para WNI yang saat ini berada di Jepang pun dalam melakukan kegiatan sekecil apapun mengupayakan agar dapat memberikan sumbangan terhadap kemajuan bangsa Indonesia, melalui ilmu, tenaga, pemikiran, sikap maupun budi pekerti. Semua itu ditujukan sebagai bentuk kerja nyata, sesuai dengan tema peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini: “Indonesia Kerja Nyata”.
Setelah upacara pokok, juga dilaksanakan penyerahan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya tahun 2016 kepada Sdri. Siti Nizamiyah, staff KJRI Osaka yang telah 30 tahun mengabdi pada negara. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada Ibu Nizamiyah dan Bapak Sugihara sebagai salah satu asosiasi persahabatan Indonesia – Jepang (Kan I Ren) serta acara ramah tamah dengan seluruh peserta upacara dan tamu yang hadir. *

agt (2)

agt (3)

agt (1)

agt (4)

agt (5)

9

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.