Rangkaian Seminar ASEAN Project 2016 di Kwansei Gakui University Hyogo Hadirkan Konsul Jenderal RI Osaka sebagai Pembicara

9

Memenuhi undangan dari Fakultas Hubungan Internasional Kwansei Gakuin University Hyogo, Konsul Jenderal RI Osaka pada tanggal 8 Agustus 2016 berkesempatan menyampaikan paparan tentang Indonesia, dengan judul presentasi “Indonesia: Unity in Diversity”, dihadapan sejumlah mahasiswa KGU yang terdiri atas siswa-siswi Jepang dan dari berbagai negara seperti Indonesia, Korea dan Malaysia.

Presentasi oleh Konjen RI Osaka tersebut sekaligus sebagai penutup rangkaian Seminar ASEAN Project 2016 yang diselenggarakan KGU secara rutin tahunan, dan pada tahun ini dimulai sejak tanggal 3 – 9 Agustus 2016. Selain Konjen RI, tercatat Konsul Jenderal Viet Nam dan Thailand juga turut menjadi pembicara pada rangkaian seminar yang mengetengahkan tentang perkembangan negara-negara Asia Tenggara dalam konteks penerapan Komunitas ASEAN dan hubungannya dengan Jepang.

Selain pemapar dari wakil Pemerintah, juga terdapat pembicara dari unsur akademisi yang diwakili berbagai perguruan tinggi di Asia Tenggara seperti Assumption University, Thailand, Universitas Malaya, Malaysia, Viet Nam University of Commerce dan Universitas Padjajaran, Bandung. Berbicara dari sisi pelaku bisnis, juga terdapat pembicara dari Japan Bank for International Cooperation, Mitsubishi Corporation, Kansai Economic Federation, Osaka Chamber of Conmmerce and Industry serta Osaka Convention and Tourism Bureau. Selain mengikuti kuliah umum dan seminar, para peserta dari KGU juga berkesempatan mengikuti field research trip ke berbagai perguruan tinggi di Asia Tenggara.

Penyelenggaraan acara dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman para siswa Hubungan Internasional tentang perkembangan kerjasama Jepang dengan negara-negara Asia Tenggara dan sekaligus mengidentifikasi peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan para siswa setelah lulus nantinya. Keikutsertaan KJRI Osaka pada kegiatan KGU ini merupakan untuk kedua kalinya sejak tahun 2015 yang lalu. (HM)

4

3

2

1

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.