Pakar Akuakultur Indonesia dan Jepang Tukar Pengalaman dalam Seminar Pengelolaan Sumberdaya Kelautan di Bali

8

Sebagai sesama negara berbentuk kepulauan dan memilik garis pantai yang luas, Indonesia dan Jepang sama-sama memiliki potensi sumberdaya kelautan yang sangat besar sekaligus pengalaman ekstensif dalam pengelolaannya. Hal ini tentunya membuat kedua negara saling berkepentingan untuk mengadakan tukar menukar pengetahuan, pengalaman dan informasi terkait metoda pengelolaan sumberdaya kelautan.

bali (7)

Berangkat dari pemikiran tersebut, KJRI Osaka bekerjasama dengan Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Universitas Udayana (UNUD) Bali dan Universitas Kochi Jepang pada tanggal 5 Agustus 2016 telah menyelenggarakan seminar sehari Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dengan judul “Sustainable Aquaculture Management: Sharing of Best Practices”, bertempat di Denpasar Room, Sanur Paradise Hotel, Bali.

Seminar dihadiri lebih dari 100 orang peserta, terdiri atas kalangan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Tanah Air, wakil instansi Pemerintah Pusat dan daerah, balai penelitian, himpunan nelayan, praktisi dan pelaku usaha perikanan, LSM dan pengamat isu-isu kemaritiman serta insan media.

bali (2)

Penyelenggaraan seminar bersama Universitas Udayana Bali dan Universitas Kochi Jepang dimaksudkan untuk mendorong terjalinnya kerjasama antara kedua perguruan tinggi, yang sama-sama memiliki keahlian dan pengalaman ekstensif dalam penelitian bidang kemaritiman dan keberlanjutan pemanfaatan sumberdaya kelautan. Narasumber yang dihadirkan, baik Profesor Masumoto dari Universitas Kochi maupun Dr. Pande Gde Sasmita dari UNUD memaparkan best practices dalam hal manajemen keberlanjutan akuakultur (kultivasi sumberdaya kelautan), khususnya terkait tata kelola sumberdaya kelautan yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat pesisir dan pelaku usaha budidaya hasil laut.

Ke depan, kerjasama tersebut diharapkan dapat mewujudkan adanya pertukaran mahasiswa dan pengajar, penelitian bersama, penerbitan publikasi ilmiah bersama dan pertukaran informasi serta teknologi antara kedua perguruan tinggi, sebagaimana juga telah dilakukan dalam berbagai kerjasama antar perguruan tinggi Indonesia dan Jepang. Ke depan, kerjasama tersebut diharapkan dapat mewujudkan adanya pertukaran mahasiswa dan pengajar, penelitian bersama, penerbitan publikasi ilmiah bersama dan pertukaran informasi serta teknologi antara kedua perguruan tinggi, sebagaimana juga telah dilakukan dalam berbagai kerjasama antar perguruan tinggi Indonesia dan Jepang. (HM)

bali (4)

bali (9)

bali (6)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.