PELAJAR INDONESIA SELENGGARAKAN SEMINAR METODE PENGAWASAN DAN PREDIKSI CUACA

8

Perhimpunan Pelajar Indonesia di Jepang (PPI-J) Korda Kansai dan Komisariat Kobe pada tanggal 29-30 Juli 2016 menyelenggarakan rangkaian kegiatan ekskursi dan seminar ilmiah dengan judul Indonesian Fun Scientific Event atau In-Fuse 2016, bertempat di Port Island, Kobe. Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama PPI dengan KJRI Osaka, Advanced Institute for Computational Science (AISC) RIKEN dan Universitas Kobe tersebut mengangkat tema tentang metode pengawasan dan prediksi cuaca dengan memanfaatkan teknologi supercomputer.

Rangkaian In-Fuse 2016 terdiri atas kunjungan lapangan ke pusat penelitian K-Computer di AISC RIKEN dan ke π-CAVE di Kobe University Integrated Research Center (KUIRC) untuk melihat aplikasi supercomputer dalam three-dimensional visualization device, serta kuliah umum. Hadir sebagai narasumber pada kuliah umum tersebut adalah Profesor Daniel Murdiyarso, Ph.D, peneliti senior dari Center for International Forestry Research (CIFOR), Profesor Oishi Satoru, Direktur Pusat Riset Keselamatan dan Keamanan Perkotaan, Universitas Kobe, dan Associate Professor Kenichiro Kobayashi, juga dari Universitas Kobe.

Konsul Jenderal RI dalam sambutan pembukaannya menegaskan pentingnya pengembangan sains dan teknologi bagi kemajuan bangsa. Untuk itu, sinergi dan kerjasama perlu ditingkatkan, terutama dengan negara-negara yang menguasai teknologi maju seperti Jepang. Acara diikuti sebanyak 50 orang peserta yang terdiri baik dari pelajar dan mahasiswa Indonesia maupun mahasiswa asing yang tengah kuliah di wilayah Kansai dan sekitarnya. (HM)

1

2

3

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.