Workshop alat musik gamelan Jawa

9

Pada tanggal 23 Juli 2016 bertempat di aula Sekolah Umum Kita-Tanabe, Nagai-Osaka, telah diselenggarakan pagelaran seni-budaya Indonesia berupa pertunjukan dan *workshop* alat musik gamelan Jawa. Acara yang diberi judul “*Indonesia Day*” ini dihadiri oleh 45 orang warga Jepang terdiri atas murid tingkat sekolah dasar dan menengah, para orang tua murid, dan wakil Pemkot Osaka serta unsur Perwakilan KJRI Osaka dari Fungsi Pensosbud.

Acara yang diprakarsai oleh Profesor Shin Nakagawa dan Profesor Yoshiyuki Nagahara dari *Osaka City University* (OCU) tersebut diselenggarakan bekerjasama dengan Pemkot Osaka serta Sekolah Umum Kita-Tanabe, dan bertujuan untuk memperkenalkan tentang Indonesia sekaligus alat music tradisional gamelan kepada khalayak masyarakat, terutama anak-anak usia sekolah yang tinggal di Nagai dan sekitarnya. Tim pertunjukan gamelan terdiri atas 12 murid tingkat SMP-SMU binaan Profesor Shin Nakagawa yang juga merupakan pimpinan sanggar seni Margasari, sekaligus aktif sebagai Direktur dari *Center for Global Exchange – OCU*. Pada kesempatan acara tim gamelan menampilkan sebanyak 6 buah lagu gending Jawa klasik.

Mengawali acara, wakil KJRI Osaka diberikan kesempatan untuk menyampaikan paparan singkat tentang Indonesia, antara lain mengenai sejarah hubungan Indonesia-Jepang; keanekaragaman suku, budaya dan bahasanya; serta beberapa aspek khas yang dimiliki Indonesia. Tim KJRI pada acara tersebut juga membuka meja promosi pariwisata dengan membagikan brosur dan majalah wisata serta tanya jawab dengan hadirin. Pada akhir acara, hadirin diberikan kesempatan untuk mengikuti *workshop* gamelan dimana para murid dan orang tua murid mencoba memainkan alat musik gamelan, dibawah bimbingan Profesor
Nakagawa. (HM)

DSCF1591

DSCF1559

DSCF1525

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.