Seminar peluang peningkatan perdagangan Indonesia – Jepang di Hiroshima

9

image2

KJRI Osaka bekerja sama dengan ITPC Osaka, Jetro Hiroshima, Hiroshima Bank, Hiroshima Indonesia Association dan Hiroshima Industrial Promotion Organization menyelenggarakan kegiatan Seminar Kebijakan dan Peluang Perdagangan Indonesia di Hiroshima pada tanggal 15 Juli 2016. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan seminar serupa di Wakayama sehari sebelumnya. Selain memberikan informasi mengenai kebijakan terkini Indonesia di bidang perdagangan dan peluang peningkatan perdagangan Indonesia dengan Jepang, seminar tersebut juga dimaksudkan untuk memberikan informasi mengenai penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2016 guna merekrut pengunjung dan potential buyers dari wilayah Hiroshima dan sekitarnya.

Executive Officer Bank of Hiroshima dalam pembukaanya menyampaikan kegembiraan atas penyelenggaraan seminar ini dan mengharapkan seminar dapat memberikan informasi bagi pebisnis Hiroshima. Bank of Hiroshima akan mendukung para pebisnis di Hiroshima dalam melakukan ekspansi ke luar negeri.

image1

Sementara itu pembicara utama dalam seminar adalah Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Kementerian Perdagangan, menyampaikan beberapa hal pokok diantaranya kondisi ekonomi Indonesia saat ini yang masih menjanjikan bagi pebisnis, penerapan kebijakan paket ekonomi dan upaya perbaikan iklim investasi yang dilakukan Pemri, strategi ekspor Pemri dalam meningkatkan ekspor non migas, regulasi perdagangan yang diterapkan Pemri dalah hal ekspor dan impor, serta peluang perdagangan dengan Jepang yaitu untuk produk palm oil, pulp & paper, textile, footwear, jewelry, food & beverages, fisheries, automotive, tyre.

Dalam paparannya terkait TEI, Kepala ITPC mendorong para pebisnis di Hiroshima untuk dapat mengunjungi pameran TEI 2016 dengan menyampaikan peluang pengembangan bisnis yang dapat dimanfaatkan peserta di pameran tersebut, selain sebagai sarana bertemu secara B to B, juga fasilitasi business matching ataupun kunjungan ke instansi dan asosiasi ekonomi terkait di Indonesia.

Jetro Hiroshima juga menyampaikan informasi mengenai rencana misi bisnisnya ke Indonesia pada bulan Januari 2017 terkait dengan program Regional Industrial Tie Up di bidang lingkungan hidup dengan Indonesia.

Peserta seminar sejumlah 32 pebisnis cukup antusias dalam sesi tanya jawab, dengan menanyakan beberapa hal terkait peserta TEI, jenis mesin printingyang diminati di Indonesia, pengaruh brexit terhadap perdagangan Indonesia. kategori kelas menengah di Indonesia, investasi di bidang energi.

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.