Mahasiswa Universitas Osaka Menjadi Pemenang pada Lomba Pidato dan Membaca Cerpen Bahasa Indonesia KJRI Osaka 2016

9

Hiroko Yamai Mahasiswa Universitas Osaka keluar sebagai Juara Pertama pada Lomba Pidato dan Membaca Cerpen Bahasa Indonesia KJRI Osaka yang dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2016. Lomba pidato dan Membaca Cerpen bahasa Indonesia tersebut diikuti oleh 21 peserta dari berbagai universitas yang ada di wilayah kerja KJRI Osaka antara lain Universitas Osaka, Universitas Puteri Konnan, Momoyama Gakuin University, Universitas Retsumeikan, Universitas Doshisa, dan juga masyarakat umum.
Dalam sambutan pembukaannya, Konsul Jenderal RI di Osaka menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya Lomba pidato dan Membaca Cerpen bahasa Indonesia untuk pertama kalinya tersebut adalah untuk mendorong semangat Warga Jepang terutama mahasiswa untuk lebih tekun mempelajari bahasa Indonesia, karena Bahasa adalah pintu awal bagi seseorang untuk mengenal lebih jauh mengenai kebudayaan suatu negara. Bertindak sebagai juri pada perlombaan dimaksud adalah Bapak Hajime Kinoshita, Ketua Japan-Indonesia Business Association, Bapak Tadami Taniguchi, Professor Emiritus Universitas Tenri dan Ibu Hotmida Purba Kepala ITPC Osaka.
Pada kategori membaca Cerpen Bahasa Indonesia keluar sebagai pemenang adalah Yuna Fujimori dari Universitas Osaka. Peserta lomba yang sebagian besar merupakan mahasiswa tingkat satu dan dua menyampaikan rasa senang sekaligus bangga dapat berpartisipasi pada Lomba Pidato dan Cerpen Bahasa Indonesia. Hal ini menjadi pengalaman tersendiri bagi para peserta yang rata-rata baru pertama kali mengikuti lomba serupa.

1

2

3

4

5

6

7

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.