Padang jajaki kerjasama peningkatan produktivitas hasil pertanian dan perikanan

8

KJRI Osaka pada tanggal 22 April 2016 telah menerima kunjungan delegasi dari kota Padang yang terdiri atas Wakil Walikota Padang, Ketua DPRD Padang, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, staf Universitas Andalas, Direktur CV Wahana Jaya Mandiri yang bergerak di bidang agrosbisnis dan delegasi dari Jepang yaitu Nara Institute Science and Technology, Nagahama Academic Support Team (NAST) dan Soh Company Ltd. Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa tujuan kunjungan ke Jepang adalah untuk meninjau Biwa Ayu Center dan Kozawa farm di Prefektur Shiga guna melihat penggunaan BisoZym yang dapat meningkatkan produktivitas hasil perikanan dan pertanian.
BisoZym merupakan enzym gula yang diekstrak dari tebu kemudian dijadikan yeast. Enym ini akan dapat meningkatkan panen hasil pertanian dari yang semula perlu waktu 3 bulan menjadi panen hanya dalam 1 bulan. Penggunaan enzym tersebut adalah untuk tanaman organik. Bentuk kerjasama yang akan dilakukan dengan Jepang adalah penggunaan enzym tersebut di wilayah pertanian Padang, Mentawai, kemudian hasil panen pertanian akan dibeli oleh pihak Jepang untuk kemudian dipasok sebagai bahan baku di beberapa restoran di Jepang.
Wakil Walikota Padang juga menyampaikan bahwa kota Padang saat ini berfokus pada peningkatan kerjasama di bidang pariwisata, pendidikan dan perdagangan. Konjen RI dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa peluang kerjasama dengan Jepang diantaranya adalah di bidang pertanian melalui pelatihan pada petani, kerjasama perikanan, kerjasama pendidikan, penanggulangan bencana, dan peluang mengisi kebutuhan akan caregivers di Jepang.

1

2

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.