KEIN jadikan Jepang Acuan dalam Membangun Peta Industrialiasi Nasional

7

Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) beserta anggotanya melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kanto dan Kansai di Jepang. Di wilayah Kansai, KEIN melakukan kunjungan ke Prefektur Osaka dan Wakayama. Dalam pertemuannya dengan Federasi Ekonomi Kansai (Kankeiren) pada 1 Juni 2016, KEIN diterima oleh Mr. Hideo Tashima, Chairman, International Committee KANKEIREN; dan Vice Chairman International Committee Kankeiren yaitu Mr. Kosei Uematsu, Mr. Yoshimasa Ohashi, Mr. Hiroyuki Fukano, serta Director GM International Committee, Mr. Kenzo Ueda. Ketua KEIN dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Jepang menjadi negara pilihan untuk dijadikan acuan dalam membangun peta indutrialisasi nasional 2016 – 2045 karena keberhasilan Jepang di bidang industrialisasi yang juga berwawasan lingkungan. Untuk itu KEIN meminta agar Kankeiren dapat mendukung upaya tersebut, sehingga industrialisasi yang dilakukan di Indonesia nantinya akan sejalan dengan yang dilakukan di Jepang dengan demikian dapat mendorong lebih banyak investasi dan kegiatan ekonomi antara Indonesia dan Jepang. KEIN kemudian juga melakukan site visit ke MOBIO Osaka, sebuah center yang dimiliki Prefektur Osaka dan didirikan guna mendukung pertumbuhan dan ekspansi SME di wilayah Osaka.

image3

Di Wakayama, KEIN melakukan pertemuan dengan Gubernur Wakayama, Mr. Nisaka Yoshinobu. Dalam pertemuan tersebut KEIN ingin meningkatkan peluang kerjasama di bidang pertanian dan perikanan maupun manufaktur melalui program magang.  Di Prefektur Wakayama, KEIN kemudian melakukan site visit ke Kishuu Giken (manufacturing insutrial inkjet printer), NK Agri Co. Ltd, Prefectural Institute of Fruite (Ume) Science dan Kindai University’s Research Institute of Fisheries Science di Shirahama.

image8

Sebelumnya KEIN juga melakukan pertemuan dengan Mantan PM Jepang, Yasuo Fukuda; Ketua Liga Parlemen Indonesia-Jepang, Toshihro Nikai; METI; Jetro;  Jica; dan  JBIC.

image4

image5 (1)

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.