Pemri dorong investasi Jepang di Kawasan Ekonomi Khusus dan Industri

9

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerja sama dengan KJRI Osaka, Jetro, Kankeiren, Osaka Chamber of Commerce and Industry (OCCI) dan Bank of Tokyo-Mistsubishi UFJ (BTMU) pada tanggal 12 Mei 2016 menyelenggarakan Seminar Peluang Investasi di Kawasan Ekonomi Khusus dan Kawasan Industri di Indonesia. Kegiatan seminar yang diselenggarakan di Hotel Imperial Osaka mendapat minat pebisnis Jepang yang tinggi, dengan dihadiri oleh 128 pebisnis dari beberapa sektor diantaranya manufaktur, energi, elektronik, otomotif, perkapalan, keuangan; asosiasi ekonomi dan kalangan pemerintah.
Seminar di buka oleh Konsul Jenderal RI Osaka yang dalam sambutannya mendorong pebisnis kedua negara untuk memaksimalkan hubungan Indonesia – Jepang yang baik guna meningkatkan kerjasama bisnis dan investasi yang saling menguntungkan. Seminar menghadirkan Deputi Kepala BKPM bidang Perencanaan Penanaman Modal yang menyampaikan mengenai update kebijakan dan peraturan penanaman modal di Indonesia, Direktur Jenderal Departemen Riset Jetro Tokyo yang menjelaskan mengenai perkembangan dan peluang investasi Jepang di Indonesia saat ini, Gubernur Sumatera Selatan yang memaparkan mengenai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api dan Sekretaris Dewan Nasional KEK yang memberi paparan KEK Sei-Mangkay. Dalam seminar tersebut juga dipaparkan 3 Kawasan Industri (KI) yaitu KI Bantaeng, JIIPE (Java Integrated Industrial and Port Estate) dan KI Kendal.
Kegiatan seminar kemudian dilanjutkan dengan Project Consultation bagi para peserta yang berminat memperoleh informasi lebih mendalam dengan berkonsultasi secara langsung dengan pengelola KEK dan KI. Seminar dan kegiatan project consultation tersebut diharapkan dapat mendorong pebisnis Jepang melakukan investasi di Indonesia khususnya di KEK di luar pulau Jawa dan KI yang difokuskan pada industri padat karya, consumer goods, smelter tembaga, agro, chemical, pengolahan dan pemurnian nikel serta elektronik. –

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.