Kunjungan Gubenur Wakayama ke Aceh : Mengembangkan Kerja Sama Museum Tsunami

8

Sebagai tindak lanjut kunjungan Gubernur Aceh ke Wakayama pada bulan Maret yang lalu, Gubernur Wakayama, Yoshinobu Nisaka berkunjung ke Aceh untuk melakukan kunjungan balasan ke Gubernur Aceh sekaligus meresmikan Japan Corner di Museum Tsunami Aceh. Sebelumnya, Gubernur Wakayama menyempatkan diri untuk memanjatka ndoa di kuburan masal korban tsunami, Siron. Gubernur Wakayama juga berkesempatan melihatMonumen Tsunami PLTD Apung yang merupakan sebuah kapal Pembangki Listrik Tenaga Diesel Apung yang terseret gelombang laut tsunami Aceh hingga lima kilometer dari Pantai UleeLheue.

Untuk meningkatkan kesadaran terhadap bahaya tsunami serta mengurangi dampak negatif bencana tsunami, Gubernur Wakayama meresmikan Japan Corner yang berada di Museum Tsunami Aceh sekaligus sebagai tindak lanjut kerjasama antara Museum Inamura Nohinoyakata di Wakayama dan Museum Tsunami Aceh. Kedepannya, kerjasama ini rencananya juga akan berlanjut melalui pertukaran pegawai museum antara Aceh dan Wakayama.

Pada ahir kunjungan, Gubernur Wakayama diterima oleh Gubernur Aceh di pendopo gubernuran untuk berdiskusi terhadap kemungkinan-kemungkinan kerjasama yang meluas diantara Provinsi Aceh dan Provinsi Wakayama.

IMG_1972 IMG_1998

Tulisan ini dipublikasikan di Berita. Tandai permalink.